nhk

IRS 2014 Sentul Seri-2 Race 2 Supersport 600; Manajemen Ban Bikin Yudhistira Terdepan

 

ManiakMotor – Pembalap menuju profesional salah satu yang dituntut adalah menajemen. Bukan hanya manajemen fisik, menu makan dan sebagainya di luar sirkuit. Tapi juga manajemen di dalam sirkuit saat berlomba.

H A Yudhistira dari Kawasaki Rextor IRC KYT Manual Tech sudah mencapai itu untuk ukuran joki moge di Indonesia. Sebab yang dimanajemen supersports 600. Salah satu manajemen di dalam lomba adalah mengelola ban. Ban 600 cc di Indospeed Race Series di Sentul, hanya satu set. Itu digunakan sejak QTT sampai dua race lomba.

Seri 2 IRS Sentul yang berlangsung 21 dan 22 Juni 2014, Yudhistira menjuarai dua race. Barusan race 2 dia lagi yang juara. “Kuncinya merawat ban, agar tetap awet dari QTT dan lomba. Pengereman  dan akseleresi jangan sampai membuang kompon dengan percuma, tapi tetap melaju kencang,” jelas Yudhis.

Tentu saja termasuk peran Yudhis menuntut motor yang tidak ‘berangasan’ pada timnya. Contoh knalpot yang digunakan berkonfigurasi menyalurkan tenaga lebih rata di semua tingkat. “Di IRS ini pakai knalpot yang harganya bisa beli satu unit Ninja 250,” jelas Ibnu Sambodo, pawang Manual Tech sembari tunjuk sana dan sini menyuruh anak buahnya merakit knalpot yang dimaksud pada Jumat 20 Juni.

Yudhis sebenarnya start dari grid ke-3. Grid 1 dan 2 diisi dua pembalap Astra Motor Racing, yakni Dimas Eky Pratama dan Denny Triyugo. Maka sejak start Yudhis, hanya membayangi dua pembalap Honda tersebut. Yudhis lebih banyak mencuri angin yang bagian dari manajemen ban. Kan dengan slipstreaming, ban lebih adem, hambatan motor pun lebih ringan.

Berbeda dengan Denny yang kedua, ia lebih memilih motor yang agresif. Padahal, kondisi ban sudah tak mungkin dengan  karakter motor seperti itu. “Bukan itu persoalannya. Mengenai ban, kompon saya justru masih tebal, lantaran race-1 saya nggak finish. Tapi memang saya butuh jam terbang lagi,” jelas  Denny yang bisa kedua, lantaran Dimas Ekky rekan setimnya motornya mogok.

Oh begitu toh. Ghalib

BACA JUGA

Hasil IRS Sentul Seri 2, Bogor, Jabar 21 – 22 Juni 2014

IRS 2014 Sentul Seri-2: Race-1 Supersport 600, Dua CBR Jatuh, Ninja 600 Terdepan

IRS 2014 Sentul Seri 2: QTT Kejurnas 250, Ketatnya Ninja VS CBR, Dibayangi RR250 Mono

IRS 2014 Seri-2 Sentul (Jelang): Kejurnas Kalah Ramai Dari OMR CBR250 Dan Ninja 250, R25 Akan Muncul

All Japan Championship 2014; Kembali Gerry Salim Diutus AHM ‘Belajar GP3’

BAGIKAN