nhk

IRS 2014 Sentul Seri 3; Gengsi Tiga Pabrikan Di Supersports 600

 

ManiakMotor – Supersports 600 di Indospeed Race Series (IRS) diikuti pabrikan Honda, Kawasaki, dan Yamaha. Ketiganya menjadikan kelas ini loncatan dari bebek untuk pembalap yang berbakat. Masing-masing serius mendorong program ketingkatan yang lebih tinggi.

Nah, mereka yang paling ‘hikmat’ sejak Jumat 22 Agustus menyetel motor di Sentul Besar dalam rangka IRS seri 3. Seperti sifat supersports 600 tidak seperti bebek yang diporting-porting mesinnya.

Mesin supersports hanya bisa ganti knalpot dan memainkan mapping ECU. Selebihnya menyetel suspensi yang jadi kunci enaknya motor. Masih berkutat pada bagian itu untuk penyetelannya,” ucap Sigit PD, pebalap Yamaha Indonesia yang tiga minggu lalu juara ketahanan di Suzuka. .

Suspensi di Sentul International Circuit memang mutak dan lebih mutlak dari sirkuit-sirkuit besar di kawasan Asean. Karakter Sentul yang banyak tambalan harus pas redaman suspensinya. “Punya saya suspensinya belum stabil, suka mental keluar tikungan, karena treknya bergelombang dan getarannya sangat kuat pada motor,” ucap Sudarmono yang di IP memperkuat Yamaha Trijaya di Supersports dengan Yamaha DS Moto.

Beda dengan Dimas Eki dari team Astra Motor Racing Team. Ia punya jadwal sendiri dalam latihan Jumat kemarin. Ia keluar masuk paddock dan terus konsisten mengitari Sentul. Rupanya ia sedang melatih dirinya sendiri untuk manajemen ban. Memang tetap berhubungan dengan set-up kaki-kaki. Sebenarnya juga Dima diitemani Deny Triyugo di event ini, tapi Tuhan berkata lain.

Yang paling beda dikatan Ibnu Sambodo, tunner Kawasaki Rextor IRC Manual Tech. Katanya, ia tak perlu setting-setting berat, cukup pakai yang sama dengan seri-seri sebelumnya. Juga cek-cek kondisi motor.

Lha wong, sirkuit tetap sama panjang dan jumlah tikungannya, juga lintasannya masih keriting,” kata Ibnu yang menjagokan Yudhistira di IRS dan memang juara melulu. Ghalib

BACA JUGA

Hasil IRS Sentul, Bogor, Jabar, 23 – 24 Agustus 2014

Road Race 2014; Nih Yang Paling Aneh Aturan Balap Motor Indonesia..!

IRS 2014 Sentul Seri-3: Greentech Sehelm-Helmnya Ijo

Dimas Eky From Honda Ke-7 Di Suzuka 8 Hour 2014, Yamaha Indonesia Juara Di Kelas 4 Jam-nya

Astra Motor Racing Kirim Pembalap Moge Ke Lomba Suzuka 8 Dan 4 Jam 2014

Tiga Pembalap Yamaha Indonesia Ikut Ketahanan Suzuka 4 Jam 2014 Di Jepang

BAGIKAN