nhk

IRS 2014 Seri 3: OMR Ramai Di Sentul, Balapan Murah, Mesin Standar

 

 

ManiakMotor – One Make Race di IRS menjelma jadi balapan terjangkau. Bahkan murah yang ada di Honda CB150R yang motornya disediakan Honda. Pakai motor sendiri pun aturannya hemat, macam Ninja Race 250 yang wajib mesin standar. Suzuki juga telah membuka OMR Suzuki FU di IRS seperti yang terlihat di seri 3 IRS 2014 di Sentul Besar pada 23 – 24 Agustus.

Bagi Angga Kurniawan dari AR1 Racing, katanya sudah jelas dan sangat jelas tim–tim dari 250 cc lebih sukanya OMR yang sifatnya fun. Tapi bisa jalan bersama dengan pembibitan serius bagi mereka yang mau lanjut sesuai penjejangan. Dua komunitas ini bisa bertemu di OMR. “Kompetisinya jalan, hobi tersalurkan dan terutama murahnya,” jelas Angga yang dikenal punya Anjany Motor yang sejak OMR Ninja awal-awal di Sentul termasuk pelopor.

Namun Angga tak hanya Ninja, ia juga berminat pakai Honda CBR250R dan akan datang Yamaha R25. Wuih. Itu tadi, karena murah dan gampangnya soal aturan teknik yang berlaku di OMR IRS Sentul. Bedalah dengan kejurnas 250 cc yang kian sepi peserta, akibat regulasi yang kurang diterima peserta???

Padahal, “Time OMR CBR2509R dan Ninja Race 250, waktunya tipis-tipis dengan aturan mesin standar. Harusnya kejurnas 250 juga begitu, supaya rame. Kan seperti aturan supersport 600 yang hanya bisa ganti ECU, knalpot dan suspensi,” tambah Angga yang Ninja Mono 250 RR-nya diprotes di Ninja Race 250 karena diianggap kencang sendirian, namun protesnya tak terbukti alias mesin standar abis.

Pabrikan paling serius memang Astra Honda Motor (AHM). AHM punya OMR CB150R dan CBR250R. Lalu diikuti Suzuki yang mengelola sendiri OMR mereka di IRS. Sedang Kawasaki tertolong komunitasnya yang sudah terbangun empat tahun belakangan. Ya kalau dilihat pandangan mata memandang peran Kawasaki Motor Indonesia belum kelihatan bangat di OMR kali ini. Eit ada orangnya tuh…

Karena itu, OMR CB150R ketat dalam kriteria pesertanya. Contoh maksimum umur 20 tahun. Mereka diberi mentor sendiri yang ditunjuk AHM. “Dari OMR ini akan kelihatan potensi bakat-bakat muda untuk naik motor sport kenjenjang selanjutnya,” ucap M Fadli, pembalap senior Honda yang ditunjuk AHM jadi  instruktur peserta CB150R.

CB150R pun di seri 3 ini diikuti pemula dari Kalimantan Timur (Kaltim) macam Hadi Faisal, M Heldar dan M Febriansyah. Katanya sih mereka diutus IMI Kaltim yang bekerjasama dengan Honda Kaltim. “Ini salah satu jenjang yang bagus buat pembalap Kaltim,” bilang Eko Sumarianto dari IMI Kaltim.   

Begitu pula OMR Suzuki Satria FU 150, lebih mencari pembalap pemula yang umurnya maksimal 25 tahun. “Event khusus OMR Suzuki sudah lama berhenti. Makanya di IRS dibuka OMR FU150. Motornya disediakan, lalu jika dapat pembalap bagus akan direkrut ke tim inti Suzuki,” ungkap Yudi Febrianto selaku Racing Division Head dari PT.Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Sakses deh. Trisya

BACA JUGA

Hasil IRS Sentul, Bogor, Jabar, 23 – 24 Agustus 2014

IRS 2014 Seri 3 Sentul: FDR Suplai Ban 800 Set Per Lomba Balap Motor, Setahun Ratusan Event

IRS 2014 Sentul Seri 3, Race-2 Masih Ninja 600 Yudhistira Ditempel CBR600 Dimas

IRS 2014 Sentul Seri-3: Rekor Di Bebek 125 Premium Manual Tech, 1 Menit 53 Detik

 

BAGIKAN