nhk

IRS 2014 Seri 3 Sentul: FDR Suplai Ban 800 Set Per Lomba Balap Motor, Setahun Ratusan Event

 

 

ManiakMotor – FDR bukan hanya ban tunggal MotoPrix yang total eventnya setahun ada sekitar 40. Juga IndoPrix yang 5 seri per tahun. Belum OMR dua merek yang rata-rata 20 seri pertahun untuk nasional dan daerahnya. Ya, belum dihitung kejurda dan klub event yang kerjasama dengan FDR.

Beda lagi di  Indospeed Race Series (IRS) yang 23 – 24 Agustus 2014 kemarin ronde ke-3. Di sana ya di Sentul Besar, FDR memang partner panitia. Namun membebaskan peserta memilih ban sesuai kehendak atau sponsor masing-masing tim.  Tapi di kelas tertentu IRS wajib pakai FDR terutama  one make race (OMR) Honda CB150R dan Suzuki Satria FU.

Walau begitu, FDR menyediakan stand paddock untuk kegiatan setting ban. Mulai hanya isi angin, balans roda, ganti ban dan sebagainya untuk semua peserta, tidak terkecuali dari mana mereka.

Semua pekerjaan ditangani kru FDR di lapangan dengan peralatan yang canggih untuk ukuran Indonesia.  Gratis, kecualinya bannya beli. Setiap event IRS ada 200 set ban yang habis dipakai sejak sesi latihan sampai race. Ini memang kecil, lantaran peserta bebas memilih. Juga kelas 250 cc dan supersport, FDR belum menyediakan bannya,” jelas Totok, kepala teknikal lapangan PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR.

Menurut Riza, Dept Head Marketing PT SRI, ketika tim masuk sirkuit, ban jadi harga mutlak buat mereka, berapa pun itu harganya. Di kelas motor besar dari 250 cc ke atas, ban dianggap termahal pada komponen fast moving racing. Satu set untuk 250 cc saja harganya Rp 5 juta. Paling banter hanya bisa digunakan sekali event dari latihan sampai balap.

Makanya menurut Riza, saat ini PT SRI sedang fokus meriset ban kelas 250 cc, tujuannya pengeluaran tim terpangkas sehingga mereka bisa rutin latihan. “Banyak latihan, skill pembalap akan meningkat. Ke depan ban berkualitas harga Indonesia selalu tersedia, tanpa harus menganggu rutinas latihan tim, seperti ban bebek sekarang,” janji Riza di pinggir sirkuit Sentul Besar sembari bilang mesin pencetak untuk motor 250 cc barusan datang dari luar negeri bersama contoh-contoh tipe kompon untuk balap di kelas ini.

Kembali ke jumlah ban yang digunakan saban event. Yang terbanyak menyedot ban justru IndoPrix yang hanya dua kelas. Maklum tim profesional papan atas, dipakai sebentar ganti untuk mengukur limit motor dan joki. Setiap event habis 800 set yang dipakai sejak latihan sampai lomba. Di posisi kedua MotoPrix yang banyak menggunakan ban. Di MP bukan karena setting, tapi memang jumlah peserta dan kelasnya yang banyak. Ghalib

BACA JUGA

Hasil IRS Sentul, Bogor, Jabar, 23 – 24 Agustus 2014

IRS 2014 Sentul Seri 3, Race-2 Masih Ninja 600 Yudhistira Ditempel CBR600 Dimas

IRS 2014 Sentul Seri-3: Rekor Di Bebek 125 Premium Manual Tech, 1 Menit 53 Detik

IRS 2014 Sentul Seri 3; Ninja 600 Yudhistira Kuat Race-1, Ditempel CBR600 Dimas

IRS 2014 Sentul Seri 3; Gengsi Tiga Pabrikan Di Supersports 600

BAGIKAN