nhk

IRS 2014 Seri 5 Sentul: Anjany Racing Sabet Juara Umum Ninja Race (2)

 

 

 

ManiakMotor – Juara dari total poin di one make race (OMR) Kawasaki Ninja bukan perkara mudah. Rata-rata pesertanya di IndoSpeed Race Series (IRS) mereka yang kenal Sentul Besar. Tim-timnya juga mereka pemain lama di Kawasaki Ninja  250. Tahun ini kelas tersebut dapat serbuan dari Ninja 250 RR Mono yang faktanya lebih lincah di Sentul.

Tahun ini juga Ninja RR Mono dari Anjany Racing alias AR-1 yang konsisten dalam lima seri IRS.  “Tahun ini lebih berat lantaran peraturannya harus mesin standar. Pemeriksaan tekniknya juga sangat ketat. Jadi harus tepat memilih penggunaan onderdil aftermarket untuk mendongkrak Mono dari luar mesin,” jelas Angga Kurniawan, bos Anjany Racing.

Anjany menurunkan pembalap yang juga dibibit dari Sentul Besar, dialah Joseph Kevin. Menurut Angga, Kevin seorang pembalap yang bisa diandalkan dalam skill berlomba dan riset. Ia mencontohkan soal pengaturan suspensi. Kevin bisa merasakan kompresi pada tabung depan dan belakang yang pas. 

Saking bagusnya penyetelan suspensi – tanpa menghiraukan peran ECU dan knalpot – Ninja Mono Anjany dalam perjalanan serial tahun ini pernah diprotes. Tepatnya pada pada seri 3. Motor ini dituding tak sesuai regulasi Ninja Race yang 2014 diperketat dari Kawasaki Motor Indonesia. “Setelah dibongkar semua sama dengan peserta lain. Karena itu tadi, setting yang pas bisa bikin motor lebih tajan catatan waktunya,” tambah Angga.

Menurut Hendry Suwandi dari Kawasaki Greentech Riau yang juga aktif di Ninja Race, motor Anjany layak juara, tim itu  kenal duluan seting Ninja standar di Sentul Besar. “Saya juga berharap KMI lebih punya peran besar di Ninja Race. Saya nggak tahu bentuknya seperti apa yang penting terlibat lebih jauh lagi, deh,” saran Hendry.

Anjany tahun ini dapat perlawanan keras dari tim Ilegal B’Pro RC3 yang pembalapnya Ardan SQ. Sampai seri terakhir 2 November lalu, keduanya masih sengit. Tapi Kevin berhasil menambah telak pundinya karena ke-1 di seri akhir. Poin Kevin jadi 102 dan Ardan yang kedua di klasemen hanya 92, lantaran di seri akhir hanya ke-4. Rzk

BACA JUGA

Hasil IRS Seri-5 Sentul, Bogor, 1 – 2 November 2014

Klasemen Akhir; Total Poin (Standing Point) IRS 2014

IRS 2014 Seri-5 Sentul: Geliatnya Sport 150, Suzuki FU Masih Tangguh Dan Rame

IRS 2014 Seri-5 Sentul: Yamaha Keras Pada Pembalap Tak Setia, Doni Tata Ditolak

 

 

BAGIKAN