nhk

IRS 2014 Seri 5 Sentul: Masing-Maisng Merayakan Juara Total Seri, Jenjang Yang Benar

 

 

ManiakMotor – Meriah IndoSpeed Race Series pada seri penutup atau ronde-5 pada 2014 yang berlangsung Minggu 2 November. Masing-masing juara seluruh total seri sudah ketahuan di event ini. Tim-tim yang berhasil pun merayakan dengan berbagai ekspresi mereka. Bahwa kerja dalam setahun ada hasilnya.

Event IRS satu-satunya balap motor yang berseri dan resmi adanya di Sentul International Circuit (SIC), sirkuit semata wayang yang besar di Indonesia. “Saya tak peduli walau event ini tak diikuti semua pabrikan di kelas bebek. Tetapi kalau mau cerita balap benaran adanya di Sentul Besar. Skill pembalap dan mekanikal motor teruji di sini,” jelas Irwan Ardiansyah yang merebut total poin di Bebek 110 atau Premium Cup 110.

Tim-tim yang merebut titel juara gegap-gempita. Maklum, banyak pula tim-tim yang bermain di IRS sama sekali sudah tak bersentuhan dengan pasar senggol. Bagi mereka balap IRS adalah yang tertinggi di negeri ini. Silakan lihat saja, mana ada kelas 250 cc open class dan OMR masing-masing merek di luar SIC, ya hanya IRS.

Angga Kurniawan dari AR1 alias Anjany Racing, tim yang diasuhnya hanya kenal SIC. Boro-boro doski menurunkan bebek di MotoPrix dan IndoPrix, misalnya. “Jadi bagi saya, IRS adalah event terbesar di Indonesia yang seharusnya dipertahankan dan dikembangkan. Balap yang benar kan di sirkuit permanen. Cerita permanen di Indonesia hanya ada SIC,” jelas Angga yang timnya merebut juara Ninja Race alias one make race (OMR) Ninja.

Persis Eddy Saputra yang punya tim supersports 600 yang tahunya hanya main di IRS. Kan kelas ini mana mungkin di trek dadakan.  Dia berharap pengaturan kelas ke depan benar-benar mewadahi pabrikan. Tujuannya, pabrikan tertarik ikut IRS saja ketimbang bikin OMR sendiri-sendiri di luar IRS.

Sebab Eddy mendengar seperti Yamaha akan bikin OMR sendiri di luar IRS dengan kapasitas motor yang sama. “Kelas 250 misalnya. Ini sebenarnya kelas ramai bila aturannya dirasa pas oleh semua peserta. Demikian juga dengan 150 yang harus bisa mengajak Honda dan Yamaha masuk di dalamnya. Artinya IRS adalah balap jenjang yang benar di SIC,” saran Eddy.

Ya selamat buat mereka yang juara deh. Rzk

BACA JUGA

Klasemen Akhir; Total Poin (Standing Point) IRS 2014

Hasil IRS Seri-5 Sentul, Bogor, 1 – 2 November 2014

 

BAGIKAN