nhk

IRS 2014 Supersports 600 Ramai; Yamaha Empat Tim, Belum Yang Lain-Lain

ManiakMotor – Yamaha Racing Team Indonesia (YRTI) memang tak hanya fokus pada balap bebek. Ada empat team dengan empat rider andalan di kelas SuperSport 600 cc. Kapasitas segitu hanya bisa balap di Sentul Internasional. Dalam pelaksana satu-satunya adalah seri IRS (Indospeed Race Series) yang asli digarap Indospeed.

Empat tim Yamaha itu adalah DS Moto Racing Team yang diperkuat Sudarmono, lalu Tunggal Jaya Racing dengan joki Rey Ratukore, Indoprom Racing Team dibela Imanuel Pratna dan Yonk Jaya Racing Team dengan Sigit PD-nya.Di SuperSports fisik menentukan,” kata Ratukore yang rajin ke gym dan bermain motocross. Di motocross ia pakai Yamaha YZF 250 SE di sirkuit BSD, Tangerang.

Pasukan Yamaha yang pakai YZF-R6 disebut-sebut telah disetting mekanik lokal di tim masing-masing. Mekanik ini tadinya hanya biasa pegang bebek, sekarang moge. “Itu yang disebut penjejangan. Mereka saat sudah mengerti Two-D,” kata M. Abidin, GM Service dan Motosport Yamaha Indonesia soal engine mapping yang isinya program semua.

Tahun lalu di IRS, Yamaha hanya ada dua tim resmi. Yakni dari IndoProm dan ASH. Pada 2014 mereka menambah pasokan kelas yang sebelumnya pesimis bisa seramai sekarang.  Maklimlah, beli bahan supersports saja sudah keluar seperempat miliar rupiah, belum lagi onderdil kompetisinya. Perawatan juga tinggi. Asal tahu saja, sekali habis ban balap 600 cc, ada Rp 5 jeti. Itu hanya sekali latihan brosist   

Selain Yamaha, Kawasaki kendengarannya sedang cari-cari pembalap lain setelah ditinggal M Fadli. Memang ada Ifos Rianda, tapi bila main di IRS Sentul, Ifos memperkuat Kawasaki Greentech Riau. Ifos memperkuat Kawasaki hanya di ARRC.

Juga ada Honda seperti tulisan di portal ini saat mereka memperkenalkan Astra Racing Team menyodorkan anak-anak muda di kelas ini. Belum lagi tim perorangan seperti AR-1 Anjany Racing juga tahun ini fokus 600 cc. Rame kan. Ghalib

BACA JUGA

Kenalpot WRX Diakui Di One Make Race CB150R Dan CBR250R 2014

Astra Motor Racing Team (ART); Pola Pembinaan Pembalap Muda Modern, 16 Tahun Geber 600 Cc

IRS 2014: CBR600R Lebih Ramping Kata Fadli

Kawasaki Greentech Riau, Tetap IRS 2014 Dan Bidik ARRC Supersports 600

 

 

BAGIKAN