nhk

IRS 2016 Sentul (Seri 1): Di Balik Diskualifikasi R15 Sharul Amin, Nggak Jadi Juara

ManiakMotor – Kejurnas sport 150 cc memang terbukti panas. Rivalitas Yamaha Vs Honda memang jadi daya tarik kelas ini. Sebab Sport 250 cc dan supersport 600 cc, keduanya tidak saling bentrok. Kalo pun ada salah satu peserta di 250 pakai Honda CBR 250, itu privateer.

So, adu performa YZF R15 Vs CB150 R sudah dimulai sejak sesi kualifikasi hingga final yang diikuti 33 peserta itu. Maklum masing-masing tim yang turun didukung pabrikan. Diperlebar pula dengan embel-embel soal penjualan di pasar umum.

Bisa saja dari situ diskualifikasi Syahrul Amin (Yamaha Yamalube NHK SSS aRacer). Amin sempat naik podium pertama dengan piala dan amplop. Belakangan dia didiskualifikasi lantaran gigi timing kem yang dipakai tak lagi standart.  Menyalahi aturan, begitu kata pemeriksa teknik.

Manager Motosport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Supriyanto menanggapinya. Katanya, walaupun diskualifikasi, tetap Yamaha yang mendominasi 1 – 11. “Tim Bahtera juga harus legowo dan bersyukur. Karena kesalahan ini bukan dari tim Bahtera sendiri, tapi dari internal IMI yang masih kurang sinkron komunikasi dan sepaham,” kata Supriyanto.

Sebelumnya memang sempat kasak-kusuk  ketika sesi penimbangan. Salah satu peserta pengguna CB150R kurang sekitar 3 kg dari regulasi minimal 160 kg. Mereka lanjut kembali ke paddock dan kemudian dengan berbagai alasan minta diitimbang lagi. Oke, dilayani oleh tim pemeriksa teknik yang  dikomandoi Raymond Gunawan. 

Namun setelah digeledah, ada kunci-kunci di dalam CD si pembalap. Tentunya, bertujuan untuk menambah kekurangan berat tadi. “Ini penting dalam membangun mental pembalap. Sportifitas adalah segalanya. Apalagi untuk talenta muda, yang punya orientasi menuju pentas dunai. Kan bicara attitude,” komentar salah satu pengamat balap senior.

Oke deh! Ardel

Hasil IRS Sentul, Jabar 26 – 27 Maret 2016

IRS Sentul 2016: Honda Racing School (HRS), Lanjut Honda Dream Cup From AHM

IRS Sentul 2016: Ban FDR Untuk Sport 250 Dalam Pengembangan

IRS Sentul 2016 Seri 1: Race2 SS600, Gerry Salim Salam-Salam

IRS Sentul 2016 Seri 1: Kejurnas 250, Dipegang R25 Willy Hammar

BAGIKAN