nhk

IRS 2016 Sentul (Seri 4); R25 ROCK Juaranya, Skill Pembalap Meningkat, Minta Upgrade R25

Peserta R25 Community IRS 2016

 

ManiakMotor – Ada hasilnya Sandri Akbar memeras semua elmu membalapnya, makanya dia naik podium pertama. Pembalap yang membela komunitas ROCK (R25 Owner Community on Kaskus) itu, mengulang prestasi di seri sebelumnya. Ia makin dekat pada Renaldi Andriawan (YROI) di papan klasemen R25 Community, kelas yang paling banyak pesertanya di IRS yang berstatus OMR Yamaha R25.

IRS 2016 Seri 4
Koh Andre
IRS 2016
Reinaldi, masih memimpin point

Bila di seri sebelumnya terpaut 16 point, dengan hasil seri 4 (9/10-2016) tinggal selisih 11 point. “Segala kemungkinan masih bisa terjadi. Sekarang tinggal  berusaha seoptimal mungkin untuk podium pertama lagi,” ujar Sandri.

Cerita tadi jadi bagian persaingan 33 pembalap di kelas R25 komunitas pada IRS (Indospeed Race Series) di Sentul International Circuit (SIC), Bogor, Jabar (8-9/10). Ke-33 rider tadi adalah hasil seleksi dari Yamaha Sunday Race (YSR),

IRS Sentul
Sandri juara seri 3 dan 4
IRS Sentul 2016
Presiden Direktur Yamaha Indonesia, Minoru Morimoto

”Mereka pembalap dari kategori Com Pro, Com A dan Com B dengan best time 1 menit 51 detik sampai 2 menit 1 detik. Nah, di IRS R25 Community  ini dilepas bersamaan tapi hasil hitungan point dipisah. Com A dan Com Pro jadi satu, Com B beda,” ujar Robby Winaldi dari divisi Motosport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Menariknya, bukan hanya meningkat dari sisi kuantitas, juga cerita soal upgrade performa motor yang dipengaruhi dari diri sendiri. Maksudnya, kemampuan pembalap berkembang, ujungnya minta motor lebih kencang. Kan makin kencang motor, makin butuh skill juga bro. Bila pembalap komunitas sudah menunbtut motornya ditingkatkan tenaganya, artinya dia sudah bisa menghandling. Upgrade motor itu tandanya.

Briefing peserta, mereka tekun
Briefing peserta, mereka tekun

“Di Sunday Race dan seri sebelumnya masih aplikasi piggyback, saat ini dominan dengan ECU macam  aRacer. Hobi balap dan oprek motor tersalurkan di sini,” ujar Koh Andre dari XP Speed. Itu bengkel di daerah Kebon Jeruk, Jakbar yang jadi rujukan komunitas macam ROCK. Pastinya, ada harga spesial untuk komunitas tuh!

Nah, yang tak kalah menarik adalah program lanjutan dari Yamaha Indonesia untuk mengapresiasi antusias komunitas R-Series ini. “Yamaha Sunday Race tahun depan bakal dibuat lima seri lagi. Tahun ini terkait dengan rencana renovasi sirkuit Sentul hanya tiga seri. Tahun depan selain lima seri ada juga terobosan dengan hadirkan kelas baru,” yakin M. Abidin, GM After Sales & Motosport. Ardel

BACA JUGA

Hasil IRS Sentul (Seri 4), Bogor, Jabar 8 – 9 Oktober 2016

BAGIKAN