nhk

IRS 2016 Sentul (Seri 4) Sport 600, (Kawasaki KYT Manual Tech), Yudhis Upgrade, Fadly Progress!

IRS Sentul 2016 Supersports 600

 

ManiakMotor – Dua race sport 600 cc, mutlak milik H.A Yudhistira (Kawasaki  KYT Manual Tech). Pembalap asal Kalsel itu tampil prima di IRS (Indospeed Race Series) seri 4 di Sirkuit Sentul International Circuit (SIC) (8-9/10) kemarin.

IRS Seri 4 2016 SS600
Podium race 2 IRS Seri 4 2016

Yudhis menikmati pertarungan. Dia tak melihat lawannya ‘hanya’  junior-juniornya macam  Astra Honda Racing Team yakni Gerry Salim, Irfan Adriansyah, Rheza Dhanica Ahrens. Atau juga team mate-nya AM. Fadli. Selain itu ada juga Yoichi (Cunetsu Racing Team).  “Saya  konsisten sepanjang balapan. Tak peduli lawan kedua sudah saya tinggal jauh. Alasannya, IRS ini menjadi tempat melatih ikut lomba tampil serius untuk event di dalam negeri. Hanya ini event nasional yang membuka SS600, ya harus tampil serius juga,” sebut Yudhistira.

Fadly dan Ydhis from Kawasaki Manual Tech
Fadly dan Ydhis from Kawasaki Manual Tech

Kelas moge menengah alias supersport 600 cc ini memang hanya diikuti 6 pembalap. Ya makin berkurang, tidak seperti awal-awal IRS. Seperti di seri sebelumnya jadi duel klasik Astra Honda Racing Team Vs Kawasaki Manual Tech. Dua tim yang jadi wakil Indonesia di ajang ARRC (Asia Road Racing Championship) SS 600 cc.

Bagi tim yang dikomandoi Ibnu Sambodo, ikut IRS misinya balapan dan berlatih.  “Target realistis bagi Yudhistira saat ini masuk lima besar di ARRC 2016. Yudhis memang sempat gagal finish di seri dua dan empat. Kalo Fadli sendiri memang masih butuh waktu untuk adaptasi dan menambah jam terbang. IRS ini salah satu cara untuk terus melatih skill dan mental bagi keduanya,” ujar Ibnu, punggawa ‘Geng Ijo’ julukan tim asal Jogya itu. Hal itu pun dibenarkan oleh Yudhistira.

Maksud Ibnu cerita panjang lebar soal gunanya SS600 di dalam negeri, ingin mengajak ulang tim-tim yang sebelumnya sempat berpartisipasi di SS600 IRS. Termasuk Yamaha diajaknya untuk turun kembali. Tapi dijawab M. Abidin selaku GM Motorsport Yamaha dengan diplomatis. Katanya lihat pendanaan tahun depan dulu. Padahal, kelas ini berguna buat Galang Hendra dan Iamanuel Pratna untuk menghandling R25 di AP250 ARRC.

Sementara, Yudhis sendiri sadar akan statusnya sebagai pembalap profesional. Di ARRC Sentul lalu terlihat agak gemuk, tapi di IRS kali kembali posturnya terlihat atletis. Ternyata dia memang megupgrade ulang kebugaran fisik dan staminanya. Hasilnya memang terlihat beda di dua race yang dimainkan.

“Progress signifikan juga ditunjukan Fadly. Secara fisik memang sudah terlihat kuat. Tetap ada kendala adaptasi pada sirkuit. Sebagian sirkuit yang dipakai ARRC  tahun ini, memang baru bagi Fadli. Itu terlihat dari data, setiap tikungan tenaga motornya belum bisa keluar optimal,” lanjut Pak De-sapaan akrab Ibnu Sambodo.

Oke deh! Ardel

BACA JUGA

Hasil IRS Sentul (Seri 4), Bogor, Jabar 8 – 9 Oktober 2016

BAGIKAN