nhk

FDR IRS 2017 Sentul (Seri 4): ‘Kuda Hitam’ Reynaldi Pecahkan Rekor Sport 150 cc, R15 Hawadis

R15, Reynaldy, Sentul

ManiakMotor – Wow! Rekor sport 150 cc yang 1:48.705 diukir Richard Taroreh (Yamaha Yamalube Jasti Putra NHK FDR 549 Kaboci) di seri 3 IRS (Indospeed Race Series) pecah. Penajamnya Reynaldi Pradhana yang akrab disapa Rere saat kualifikasi seri 4 di sirkuit Sentul, Bogor, Jabar, hari ini (14/10).

Pembalap skuad Yamaha Yamalube Aspira Premio FSCM WJ72 EGP HDS yang tampil dengan YZF-R15 korekan Hawadis alias HDS menorehkan best time 1:45.548. Padahal, ia belum pernah tampil di seri-seri sebelumnya dan bisa disebut sebagai ‘kuda hitam’ bikin kejutan.

Reynaldi (kanan) dan Hawadis

“Ini mesin yang sebelumnya dipakai Wahyu. Tak banyak perubahan kecuali mapping dan bodi penyesuaian karakter bawaan Rere yang lebih ekstrem,” bilang Robert Cong, ahli mapping yang berkolaborasi dengan HDS.

Pengertian ekstrem di sini menurut Robert lebih berani eksplore motor, powernya lebih keluar. Memang, sih lebih berisiko pada daya tahan. Makanya, beberapa data set-up dibuat lebih aman, missal AFR tidak terlalu tinggi. Dari sebelumnya 12,7:1 turun di 12,4:1.

Menarik ditunggu kejutan lanjutan dari Rere yang sukses podium pertama (MP1) di MP Singkawan, Kalbar, pekan lalu (8/10). “Untuk race 1 nanti, kuncinya di daya tahan. Awal-awal lap harus jaga ritme mesin dan nggak akan langsung push,’ ujar ujar Rere yang set up final gir di 15/46.

Bakal seru, lantaran Wilman Hammer (Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin DID NGK Bahtera) pun konstan sejak sesi latihan dan kualifikasi. Willy Hammer-sapaan akrabnya juga cetak best time 1 menit 48 detik-an. Itu artinya performa R15 korekan Widya ‘GDT’ Krida Laksana, masih oke punya.

Termasuk Richard Taroreh yang memacu R15 Achos Lalang pun cetak 1 menit 48 detik-an. Tiga R15 yang mendominasi di posisi 1-3 itu bakal dapat gangguan dari CBR150 Aditya Pangestu (Astra Motor Racing Team Jakarta). Ardel

BAGIKAN