nhk

IRS 2018; Seri 1 (17-18/3), Hati-Hati All New R15, Powernya Makin Besar (Square)!

IRS 2017 Seri Akhir 2017b

ManiakMotor – Seri perdana IRS (Indospeed Race Series) siap diputara 17-18 Maret mendatang. Itu artinya, pentas balap sport paling bergengsi kembali ON. Tentu saja di Sentul Internasional di Bogor, Jabar.

Mesin R15 Achos. Sedang digarap

Yamaha yang sudah resmi melaunching formasi timnya, menarik dicermati. Salah satunya, Kaboci 549 yang punya nakoda Subhan Al Ghazali dan diback up Achos Lalang sebagai chief mechanic. Tim asal Bogor, Jabar ini tahun lalu meraih predikat tertinggi di sport 150 cc dengan Richard Taroreh. Pada 2018 ini Richard main di AP250 (ARRC) dengan Yamaha Racing Indonesia.

Kabarnya Achos mulai meriset  All New YZF R-15, “Mulai coba meriset. Step by step,” ujar Achos yang asli Makasar, Sulsel itu. Katanya, All New R15 ini memiliki tenaga dari bawah ke atas yang besar. Maklum ada VVA (Variable Valve Actuation) yang punya tambahan lobe atau benjolan kem untuk mendorong klep di putaran atas. Teknologi ini kalau di 2T mirip dengan Super KIPS milik Kawasaki Ninja.

Selain itu, spesifikasi mesin R15 lama dan All New berbeda juga diameter piston. Yang lama 57 mm, sedang yang baru 58 mm dengan stroke yang sama 58,7 mm. Kapasitas mesin All New lebih gede, 155,1 cc. “Tipe square begitu punya kelebihan dan harus dimainkan lewat riset,” komentar Achos yang dengan R15 lama udah mampu cetak best time 1 menit 47 detik di Sentul.

Kendati begitu, Yamaha Racing Indonesia yang menaungi tim-tim Yamaha punya pendapat juga. “Untuk All New R15 belum kita wajibkan di seri awal, mungkin pertengahan seri. Itu sambil mennunggu timing yang tepat,” kata Wahyu Rusmayadi, Divisi Motor Sport YIMM yang juga manajer tim Yamaha Racing Indonesia (YRI).

Gila yang lama aja yang lain sulit dapat podium! Ardel

BAGIKAN