nhk

IRS FDR 2017 Seri 1: Siapa Bilang Honda CBR250RR Nggak Ikut Kejurnas, Ada Kok…!

Ahmad Marta dengan CBR250RR
Ahmad Marta dengan CBR250RR

ManiakMotor – Ada dua Honda CBR250RR yang ikut kejurnas 250 cc di seri 1 IRS Sentul di Sentul Besar, Bogor, Jabar. Di event pada 18 – 19 Maret 2017 itu, keduanya mengaku beli sendiri motornya. Ya suka-suka merekalah untuk menggunakannya. Hehe, becanda bro. Jangan terlalu seriuslah, ini hanya balapan. Balap itu bagian dari permainan. Malah hanya berawal dari hobi.

Jadi nggak ada kaitan dengan instruksi Astra Honda Motor dari divisi sport, bahwa CBR250RR jangan ikut dulu di seri pertama IRS tersebut dengan berbagai alasan. “Instruksi itu hanya berlaku buat tim ditunjang Honda. Seperti milik kami, dua CBR250RR hanya jadi hiasan paddock di seri pertama ini. Buat kami sih, siap-siap saja,” kata salah satu tim besar Honda.

Kedua CBR250RR yang mengaspal di race-1 dan race-2 Kejurnas 250 cc adalah tim privateer alias perorangan. Salah satunya yang dikebut Joseph Kevin dari Lampung. Kata Joseph motornya sudah dibeli jauh-jauh hari untuk dipakai di IRS. Juga telah diorder korek sesuai regulasi dan seting di speed shop ternama Jakarta. “Rugi dong kalau nggak balap. Saya kan agak ada ikatan dengan AHM,” beber Joseph.

Dari laju motor Joseph terbilang sangat lumayan  sebagai motor pendatang baru dengan suku cadang terbatas. Joseph mampu ke-11 di race-2, sedang race-1 silakan lihat sendiri di hasil. Best time dengan hanya ganti knalpot dan ECU akal-akalan bisa 1:48.695. Lumayan kan. Kapan lagi dicoba kalau nggak segera. Joseph pun sudah ada tabungan point dibanding CBR250RR dari tim-tim Honda andai seri selanjutnya ikut. Katanya sih akan ikut bila suku cadang yang bikin kencang CBR250RR sudah siap.

Karena itu, Ahmad Marta, pembalap DKI yang juga naik CBR250RR kasih pesan pada AHM. Katanya, dia nggak berharap macam-macam dari Honda. “Namun bila ada part racing untuk CBR250RR, dia ingin juga dapat bagian. Karena dia tahu, part untuk CBR250RR saat ini sedang dipersiapkan,” cerita Marta.

Marta di seri 1 IRS ini pakai CBR250RR yang hanya diganti knalpot, ban dan sokbreker. Dia mengaku belum sempat korek-korek mesin sesuai aturan. “Motor baru empat hari lalu dapat. Jujur saja time bersih motor ini masih 1:50. Lawan sudah jauh dengan best time 1:46,” kata Marta yang membela tim V-Roam Apitech Kosso YSS AM83. Miolo

BACA JUGA

Hasil Seri 1 IRS Sentul, Indonesia 18 – 19 Maret 2017

 

BAGIKAN