nhk

IRS FDR  Sentul 2017 (Race 1 250) : Tarung Ketat, R25 Nggak Ada Lawan, Honda Mundur..!

IRS, kejurnas 250, sentul
Imanuel (96) dan Willy (500) menempel ketat

ManiakMotor – Mundurnya tim Honda membuat race 1 kejurnas IRS kelas sport 250 cc didominasi Yamaha YZF R25, hari ini (18/3). Dalam menempuh 10 lap,  Willy Hammer, Rafid Topan Sucipto dan Imanuel Putra Pratna sama-sama mengendarai R25 bertarung ketat dari awal lap hingga finish dan akhirnya mengisi podium 1-2-3. Padahal, di awal lomba, El-sapaan akrab Imanuel Putra Pratna memimpin dikuntit Rafid Topan dan Willy.

Pertarungan makin menarik lantaran El dan Topan terlibat duel sengit, sementara Willy main ‘aman’ membayangi keduanya. Dua lap terakhir di tikungan ‘S’ kecil, El  keluar dari line. “Dalam hitunganku masih ada space untuk masuk, makanya coba paksa,” ujar Topan yang sukses ambil alih El dengan ‘trik’ itu. Tapi lap terakhir, Willy menggeser Topan dari pimpinan terdepan di tikungan “S” dan menyentuh garis finish duluan.

Pemenang race 1 kelas Sport 250

Meski satu merek, tapi ketiga pembalap dari tim yang beda sehingga persaingan jadi seru. Willy membela Yamaha Bahtrera, Rafid bersama Yamaha Syafina sedangkan El dari TJM Racing yang didukung aki WR Super Battery. “Syafina dan Bahtera ditangani dengan managemen yang beda. Tak ada tim order, semua berusaha memberikan hasil yang terbaik,” ungkap Novi Endaryono, General Manager Bahtera.

R25 Topan dan Willy tetap satu mekanik. “Ini masih dalam riset dengan magnet dan piston standart. Fokusnya pada noken as dengan LSA lebih sempit dan porting yang beda,” ungkat GDT seraya bilang untuk R25 Willy dan Topan masih dikisaran 43-an HP.

Lalu bagaimana denga R25 El? Rudyanto selaku owner tim TJM menyebut memang ada riset knalpot Proliner, diklaim ada kenaikan power 2HP.  “Seri ini kita optimis podium, ada kans untuk podium pertama. Tapi balap, selain teknis juga ada strategi rider. Masih ada race 2 besok, semoga bisa target podium satu,” tegas Koh Rudy-sapaan akrab Rudyanto sembari tunjuk-tunjuk aki WR.

Singkat cerita R25 nggak ada lawan, Honda yang dikabarkan akan menurunkan gacoan baru mereka CBR 250RR belum berani tarung. Soal ini memang banyak beredar kabar unik spek kejurnas belum siap. “Menang atau kalah udah biasa. Terpenting, ayo diramaikan,” komentar Ibnu Sambodo, pawang Kawasaki Manual Tech yang akhirnya tetap turunkan AM Fadly dengan Kawasaki Ninja FI-nya.

Biasa sih menang dan kalah bro. Ya nggak mungkin menang dan kalah terus. Wkwkwk… Ardel

BACA JUGA

Hasil Seri 1 IRS Sentul, Indonesia 18 – 19 Maret 2017

 

BAGIKAN