nhk

IRS Sentul 2013 Jelang Seri III, Munculnya New Ninja 250 Fi, Sudah 1 Menit 49 Detik

 

ManiakMotor – Kawasaki New Ninja 250 yang injeksi muncul juga di IRS Sentul. Tentu untuk mengejar ketinggalan dari Honda CBR 250 milik Astra Motor Racing Team di Kejurnas Sport 250 cc yang dilombakan di IRS.  Ivan Atmaja dari Ilegal B-Pro Blaze RC3 akan menunggangi New Ninja ini di seri III IRS di sirkuit Sentul Besar, Bogor, Jawa Barat 29 – 31 Juni 2013 ini.

Ivan belum bisa bicara banyak soal jeroan injeksi New Ninja. “Tapi paket motor ini saya rasa bisa melawan pasukan Honda,” kata Ivan yang kali ini sudah senyum-senyum. Betapa tidak, paket yang dimaksud dan dikabulkan Ahmad Saihu alias Usay, peramu motor balap di timnya telah berlari 1 menit 49 detik saat latihan di Sentul 28 Juni ini. Catatan yang sangat sulit dicapai Ninja 250 biasa.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Katanya sih belum maksimal, karena harus diuji langsung saat balap. “Saya tidak mengganti ECU (electronic control unit), hanya memasang peranti bernama Techno Electronic (TE). Sementara sokbreker belakang pakai Bitubo. Karena bagaimana pun suspensi yang lebih utama pada aturan Ninja di kelas 250 cc yang spek down,” tukas Usay ketika ditemui di paddock Sentul Besar.

Peranti TE ini bisa dikategorikan sebagai piggy back yang memacu kinerja ECU. Tapi Usai merakitnya ulang dengan memisahkan bagian pengapian dan bahan bakar. Dengan cara itu lebih mudah diset-up  setiap bagiannya. “Tapi jujur saja mas belum maksimal,” rendah Usay.

Namun Ivan mengaku puas dengan peforma Ninja injeksi. Baginya asis lebih kompak dengan tenaganya. Power dari bawah juga cukup bagus. Saat di test motor yang baru hidup selama 3 hari ini sudah melebihi catatan waktu Ivan ketika pakai Ninja karburator yang 1:49 menit kotor. Memang masih jauh dari timenya CBR yang bermain di 1:47 menit. “Tapi potensinya besar, secara bobot lebih berat 8 kg dari versi karburator yang 148 kg. Maka sambil berjalan akan kita coba membenahi kekurangannya,” tutup Usay. Adit

BACA JUGA

IRS Sentul 2013 Jelang Seri III; Shoulder On Shoulder OMR CB150R StreetFire

IRS Sentul 2013 Jelang Seri 3, Juara Bisa Ditebak

OMR Honda CB150R StreetFire; Kecepatan Puncak Tetap 145 Km/Jam, Rata-Rata 113 km/jam

BAGIKAN