nhk

IRS Sentul 2013: Kejurnas 600 dan 250 cc, Ke Moto2 Dan Moto3

 

 

ManiakMotor – Di IndoSpeed Race Series (IRS) ada dua kelas sport yang jadi primadona. Yakni supersports 600 cc dan 250 cc. Kedua kelas ini ada kaitan dengan Moto2 dan Moto3.. “Saya sekarang di Jepang mengantar Denny Triyugo ikut All Japan Championship (AJC),” jelas Anggono Iriawan, manajer motorsport PT Astra Honda Motor.

Denny di AJC ikut GP3 atau sama dengan Moto3 pada 30 – 31 Maret 2013 ini. Denny adalah mantan juara 250 cc di IRS 2012. Disambung ke Moto2, ada teman Denny macam Rafid Topan dan Doni Tata yang duluan ke sana. Keduanya tahun lalu lulusan 600 cc di IRS dan ARRC. “Hanya IRS satu-satunya event punya kelas sport di Indonesia. Sport yang cc-nya besar itu bisanya hanya di Sentul,” jelas Bambang Asmarabudi dari Yamaha Indoprom dari kantornya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Indoprom tahun ini diperkuat dua pembalap muda Tomy Patria dan Imanuel Pratna.

Makanya kalau you serius bicara pembibitan ke dunia, ya mari dukung IRS. Jangan hanya mendukung ketika sampeyan dapat kangtaw, macam portal ini, hehe. Mau berbusa-busa seperti apa pun bicara pembibitan tanpa lewat balapan punya sasis back bone alias sport, sampeyan hanya membual, lagi-lagi macam portal ini. Sport adalah dasar membalap dari semua balap motor menuju dunia.

Karena infrastrukturnya hanya IRS seperti kata Bambang tadi satu-satunya ada di Indonesia. Sebab lanjutannya berlangsung reguler macam  ARRC, AJC, Moto3 dan Moto2. Ya, buktinya Topan dan Denny. Bahkan dua pembalap Indonesia yang tak terdengar balapan bebek, baru-baru ke Losail, Qatar. Bukannya mandi pasir di sana, tapi balap. Namanya, M. Reihan dan Imanuel Pratna. Silakan dicek di daftar balap bebek, pernah nggak ada nama keduanya. “Imanuel sejak balap semuanya lewat sport. Dimulai dari motocross dan langsung ke IRS,” kata Wariatno Pratna, ortunya Imanuel.

Kesempatan kian besar, karena regulasi MotoGP yang kemungkinan berubah pasca 2015. Seperti sampeyan tahu Moto2 sekarang ini bergulir dengan mesin tunggal Honda CBR600RR. Tak ada mesin lain kecuali Honda, sedang sasisnya prototype. Pasti ada plus minusnya. Yang jelas, yang namanya balapan akan selalu lebih menarik kalau terdapat rivalitas antarmerek, bukan antar sasis. Apalagi kalau dikaitkan dengan gemuruh bisnisnya dengan brand masing-masing.

Isunya nih, akan ada perubahan regulasi mendasar untuk 2016 dan seterusnya. Moto2 akan bersifat open engine, perang merek, sementara sasisnya tetap seperti sekarang ini. Konsep itu dipercaya akan lebih semarak, lebih komersial, dan lebihan-lebohan lainnya karena itu berarti Yamaha R6, Kawasaki ZX-6R dan Suzuki GSX-R600 bisa ikut bertarung. Tentu saja Honda tetap ikut main dengan 600 series-nya.

Jadi, kalau AHM mulai tahun ini ikutan meramaikan Supersports 600 IRS, ayo dong semua ikut tepuk tangan. Itu artinya kelas ini akan lebih kompetitif karena tak lagi hanya memainkan Yamaha dan Kawasaki. Ini akan lebih meyakinkan sebagai ajang permbibitan pembalap Indonesia! Andro

Berita Terkait

Jelang IRS Sentul 2013, Kejurnas 250, Lanjutan Kawak Ninja Vs CBR250

Jelang IRS Sentul 2013; Kejurnas Sport Di Sini, Selain OMR CB150R StreetFire

Jelang IRS Sentul 2013, OMR CB150R StreetFire, Saat Test Top Speed 145 Km/jam

Pembalap Indonesia Ke-2 Di Supersports 600 Qatar, Siap-Siap IRS

Jelang IRS Sentul 2013; Malaysia Berpaling Ke Indonesia

 

BAGIKAN