nhk

IRS Sentul 2013 Seri-1; Premium (Underbone) 110 Cc Disikat Irwan Ardiansyah

 

 

ManiakMotor – Irwan Ardiansyah dalam umur yang 36 tahun masih sulit untuk dikalahkan menunggang bebek kompetisi. Apalagi kalau laganya di Sentul Internatioan Circuit yang sirkuitnya terbesar di Indonesia, makanya disebut Sentul Besar (SB) di Bogor, Jabar. Pada raceday Premium Class 110 cc  atau underbone pe-it (110) dalam seri 1 IndoSpeed Race Series (IRS), 31 Maret 2013, dia yang memimpin walau dapat tekanan dari Gupita Kresna (Kawasaki Manual Tech IRC) dan Fitriansyah Kete yang membela Yamaha Tunggal Jaya.

Memang sih, balapan di SB masih menganut pertarungan klasik. Disebut klasik itu bukan barang tua, tapi gambaran lomba yang mirip sejak bebek 4-tak dipertandingkan di SB. Pembalap baru habis-habisan di satu lap terakhir dan terutama tiga tikungan terakhir SB. Sebab kalau digeber habis sejak awal lap yang menempuh 12 lap, mesin bebek akan habis benaran. “Jadinya mengikuti irama semua pembalap. Tidak ada yang berani kabur duluan, termasuk saya,” jelas Irwan yang mantan juara nasional motocross 7 kali tersebut yang memperkuat Yamaha Yamalube Nissin Gandasari Bonaharto.

Taktik lepas duluan, bakannya tidak pernah dicoba, sudah bro. Misalnya pernah dilakukan Hadi Wijaya berulang-ulang saat dia masih di Kawasaki. Hadi memang berhasil mengasapi lawannnya ketika itu, namun 2 lap menjelang finish mesin bebeknya minta ampun, nggak finish. Makanya teknik bergerombol dan saling bergantian menantang angin ini yang dianggap paling aman.

Mirip di race premium 110 ini sampai finish pun masih ada tujuh motor yang bergerombol. “Di lap terakhir sejak dua tikungan terakhir, motornya sudah diset harus unggul di situ ditambah konsentrasi penuh jangan sampai salah racing line. Karena hanya itu kuncinya,” jelas Irwan.  “Dari awal saya berusaha tidak lepas dari Irwan dan Kete. Tapi, Irwan punya strategi baru di R terakhir. Di tetap pakai out-in-out dan sampi finish di luar terus,” jujur  Gupita yang membela tim Kawasaki KYT IRC Rextor Manual Tech.

Khusus bebek di IRS ini hanya menganut lomba satu race. Berarti tinggal menunggu Premium 125. Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi IRS Sentul Seri 1, 30 – 31 Maret 2013

IRS Sentul 2013; QTT Underbone 110 Cc, Gupita Bawa Kawak Edge Tercepat

IRS Sentul 2013 Race-1 SS 600; Didapat Yudhistira (Ninja 600), Lulusan QMMF Racing Dan IRS

IRS Sentul 2013, Race-1 Kejurnas 250 Cc, CBR250 Telak Kalahkan Ninja

IRS Sentul 2013 QTT Supersport 600: Dimas Ekky Dengan Honda CBR600

BAGIKAN