nhk

IRS Sentul 2013 Seri 3; Wejangan Teknik Pada Pembalap OMR CB150R StreetFire

ManiakMotor – Wejangan diperlukan bagi kaum belia peserta one make race (OMR) Honda CB150R StreetFire. Namanya belia berarti masih pemula, butuh suntikan ajaran sampai masuk ke otak mereka soal teknik membalap. Apalagi laganya di Sentun International Circuit (SIC) atau Sentul Besar.

Dalam rangka seri 3 IndoSpeed Race Series atau IRS pada 29 – 30 Juni 2013  di SIC, di sana  ada OMR CB150R StreetFire. O iya, itu sudah tahu. Tapi belum ada yang tahu, Wahyu Widodo, pembalap senior yang membala  Honda Daya Daytona NHK IRC, didulat sebagai tutor dalam coaching clinic pada junior-juniornya. “Kalau nyali tidak usah cerita, itu wajib. Tapi pecuma jika tidak dibekali teknik membalap,” kata Wahyu dengan bijak di depan peserta OMR CB150R.

PT Astra Honda Motor (AHM) yang punya proyek OMR Honda CB150R StreetFire menunjuk Wahyu, lantaran jam terbangnya. Sepak terjangnya di balap nasional sudah bisa dipertaruhkan untuk bagi-bagi elmu. “Para pembalap muda ini butuh bimbingan dari para seniornya, kami fasilitasi hal tersebut,” ujar Anggono Iriawan, Manager Safety Riding & Motosport AHM.

Materi yang diberikan Wahyu terbagi menjadi tiga poin. Pertama racing line alias jalur balap pada out-in-out. Peserta yang umurnya maksimal 18 tahun ini harus memiliki jalur balap yang konsisten diterapkan selama balapan yang 8 lap. Disarankan konsisten pada jalur balap namun tetap mempunyai alternatif line yang lain ketika sedang fight.

Lalu riding position atau posisi tubuh. Itu berpengaruh pada handling motor terutama pada belokkan. Tapi ini sifatnya relatif karena menyangkut gaya masing-masing pembalap. Namun ada batasannya, sejauh ini para peserta memiliki ragam posisi yang kesemuanya menunjang handling motor.

Terakhir adalah ritme putaran mesin apalagi dalam balapan dengan senjata yang sama, putaran mesin wajib berirama agar tetap bisa menjaga kestabilan performanya. “Supaya tetap pada rombongan yang dituju,” ujar Wahyu ala Pak Guru di sekolah.

Ketiga elemen tadi wajib dijaga selama lomba, mengingat usia muda para pembalap, kadang nafsu dan emosi mengacaukannya. “Menurut saya jika belapan dengan motor yang sama, trik yang tepat adalah menjaga selalu dirombongan depan. Baru di saat-saat terakhir mengambil posisi ke depan, maka itu pergerakan lawan harus diperhatikan dan dimanfaatkan titik lemahnya,” tutup Pak Guru.

Mantap deh Pak. Adit

BACA JUGA

IRS Sentul 2013 Jelang Seri III; Shoulder On Shoulder OMR CB150R StreetFire

OMR Honda CB150R StreetFire; Kecepatan Puncak Tetap 145 Km/Jam, Rata-Rata 113 km/jam

IRS 2013 Jelang Seri II; Sentul Ditutup Baru Latihan Jumat, CB150R Makin Kencang


BAGIKAN