nhk

IRS Sentul 2016 Final : Tim dan Pembalap 250 cc  Ngedumel Pakai Ban Semerek, Ini Penjelasan Promotor!

Road race, IRS, Sport 250cc, Sentul, Bogor

ManiakMotor – Balapan final IRS di sirkuit internasional Sentul, Cibinong, Bogor, baru dimulai besok (6/11). Tapi, pagi ini sudah heboh di antara pembalap dan tim menyangkut soal regulasi ban yang mewajibkan pakai one make tyre Dunlop Sportmax Alpha GP. Keputusan ini tidak mendadak dan sudah disampaikan jelang bergulir seri pamungkas.

“Ya, sesuai surat edaran promotor, kelas kejurnas Sport 250 dan CBR Dream Cup 250 wajib pakai ban Dunlop Sportmax Alpha GP. Ukurannya 110/70-17 dan 150/60-17,” ujar Stevi Gunardi dari Indospeed selaku promotor gelaran seraya bilang nan disediakan panitia seharga Rp2,5 juta/set.

Irwan Ardiansyah, aneh baru kali ini
Irwan Ardiansyah, aneh baru kali ini

Sontak keputusan ini menimbulkan kontroversi dari beberapa tim. Terlebih keputusan baru dikeluarkan diakhir seri saat riset sudah jalan. Juga terkait dengan kontrak sponsor. “Aneh! Selama saya ikut balapan belum pernah terjadi hal seperti ini,” kesal Irwan Adtriansyah, rider senior dari tim Yamaha yamalube Nissin FDR.

Hal senada juga disampaikan Jimmy S Winata, manager tim dan pemilik Honda Dunia Motor Jakarta. ”Nggak jelas latar belakang munculnya regulasi ini dan mengapa mesti di seri terakhir diubahnya! Sepertinya agak kurang bijak penyelenggara event dalam ambil keputusan regulasi ban ini,” tulis Jimmy di laman facebook.

Stevi memberikan jawaban. ”Alasan pemakaian one make tyre untuk membiasakan peserta

Road race, IRS, Sport 250, sentul,bogor
Wahyu Kusmayadi, Indospeed atau IMI harus memberitahukan

IRS dengan spek FIM Asia yang berlakukan ban yang sama untuk tahun 2017. Juga disamping sponsor, Dunlop harganya lebih murah dibanding competitor lain,”jawab Stevi. Katanya lagi, seperti juga wajib ban SNI produksi dalam negeri di kelas 150 dan pemakaian bahan bakar Pertamax Turbo.

Wahyu Rusmayadi selaku manager Yamaha Racing Indonesia (YRI) memberikan tanggapan, “Kalau pun ini diterapkan di seri 5 ini setidaknya Indospeed atau IMI memberitahukan tire pressure yang ideal dengan kondisi track sentul. Ini dapat membantu mempercepat set up motor dan diharapkan ada racing service dibantu oleh dunlop indonesia utk memastikan safety di seluruh tim,”sarannya. Betul tuh! Ardel

BAGIKAN