nhk

IRS Sentul 2016: Honda Racing School (HRS), Lanjut Honda Dream Cup From AHM

ManiakMotor – Astra Honda Motor (AHM) serius bikin pondasi balap motor. Jenjang disediakan lewat kelas-kelas yang disebut Honda Dream Cup (HDC). Tapi sebelumnya diajar dulu di  Honda Racing School (HRS).

HDC dan HRS ini dibungkus bersama Indospeed Race Series (IRS). Sudah mulai seri 1 IRS  di Sentul Internasional Circuit (SIC) pada Sabtu dan Minggu 26-27 Maret 2016. “HDC dan HRS adalah paket pendidikan langsung. Sembari teori, langsung praktek balap,” sebut M Fadli, pembalap paling senior Indonesia yang jadi mentor HRS.

Di HRS ada sekitar 30 anak didik dari berbagai daerah di indonesia. Mereka menyebar di kelas CBR Dream Cup 150 dan 250cc. Nantinya setiap seri akan melombakan 15 peserta. “Sistemnya eliminasi agar para peserta saling bersaing. Tiap seri ada empat tereleminasi,” tambah Fadli.

Dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) HRS mempunyai tiga materi yaitu braking, riding potition, cornering dan pengenalan adaptasi serta attitude di sirkuit. Selebihnya peserta lansung turun ke aspal sirkuit memperlihatkan talentanya masing-masing. Sedangkan untuk spek motornya sendiri AHM tidak merombaknya alias masih standar dengan ergonomic racing.

Nantinya jebolan HRS dengan nilai terbaik akan diterjunkan di ajang balap mulai dari lokal sampai internasional. Program itu telah terbukti dari HM. Jenjangnya seperti IRS, Asia Dream Cup di ARRC, Asia Talent Cup, supersport dan superbike. “Penilaian peserta tidak hanya dari talenta tapi juga attitude dan kedisiplinan. Percuma talenta bagus tapi kelakuan minim,” tutup Fadli. Prat

BACA JUGA

Hasil IRS Sentul, Jabar 26 – 27 Maret 2016

IRS Sentul 2016: Ban FDR Untuk Sport 250 Dalam Pengembangan

IRS Sentul 2016 Seri 1: Race2 SS600, Gerry Salim Salam-Salam

IRS Sentul 2016 Seri 1: Kejurnas 250, Dipegang R25 Willy Hammar

IRS Sentul 2016 Seri 1: Final Kejurnas 150, Ada 12 Besar Yamaha R15, Amin Juaranya

 

BAGIKAN