nhk

IRS Sentul 2016 Jelang Final: Janoer Deden, Ancaman Dari Privateer, Calon  Juara Nasional Sport 150 cc

Road Race, ITRS, Sentul, Akaijaya, Sulteng

ManiakMotor – Andi Akai sudah tak sabar ingin cepat digelar final (seri 5) kejurnas IRS 2016 di sirkuit Sentul, Cibinong, Bogor, pekan ini (6/11). Lho, emang pembalap dari tim mana! Andi ini bukan pembalap, melainkan pemilik tim balap  Yamaha Akaijaya Sidrap BAF MBKW2 asal Palu, Sulteng dengan jagoannya Janoer Deden.

Yup, Deden yang tampil di kelas sport 150 cc sangat berpeluang raih juara. Dengan modal 44 angka dan berada di peringkat keempat, hanya tertinggal 2 angka sama pemuncak

Road Race, IRS, Sentul, Deden, Sulteng
Deden, privateer yang bertalenta

klasemen Wahyu Aji. Sedang ama Irwan dan Syahrul yang menduduki peringkat kedua dan ketiga hanya selisih satu angka.

“Ini tahun pertama Deden fokus di sport. Masih dalam proses adaptasi dan menimba pengalaman dari senior. Tapi, kalo dia mampu melejit di tahun perdana, sebuah prestasi yang hebat. Terlebih status Deden sebagai pembalap tim privateer,”tegas Andi Akai yang punya nama lengkap Andi Raharja Limbunan.

Untuk menghadapi putaran terakhir, Deden intens melakukan latihan fisik sama pelatih kenamaan Gandung Darmoko. Ditunjang pacuan yang kompetitif dari tangan dingin Haris Shakti Wibowo alias Mlethis dari MBKW2 Racing Jogya, hasilnya sangat baik.

Road Race, IRS, Sentul, Sidrap, Akaijaya, Sulteng
Skuad Akaijaya Sidrap, punya keinginan didukung Yamaha

Pembalap kelahiran palu 14 Januari 1995, ini naik podium ketiga di kelas 250 dan 150 seri 1. Prestasi yang sama diulang di seri 3, terutama kelas 150 cc. “Seri 4 250 cc, Deden bisa bersaing di antaran pemabalap yang sudah pakai pelek almunium. Artinya, secara fisik dan skill terus ada progress, cuma memang rada berat melawan dengan pelek standart,”bilang Gandung.

Menurut Andi, hasil kejurnas 2016 akan jadi pertimbangan partisipasi tahun depan. ,”Kalo pribadi dan tim, maunya tahun depan dia full seri main AP 250. Tapi itu sangat tergantung sponsor dan Yamaha. Sekitar 70% main di IRS tahun ini dengan biaya sendiri,”tegas Andi. Ardel

BAGIKAN