nhk

IRS Sentul 2016 Jelang Seri 4: Yamaha Pertahankan Dominasi, Hawadis Bikin Kejutan

Road race, IRS, Sentul, yamaha YZF-R15

ManiakMotor – Kejurnas IRS seri-4 bakal digelar di sirkuit internasional Sentul, akhir pekan ini (8-9/10). Hawadis salah satu tuner papan atas yang memback-up pebalap Wahyu  Aji dan Rafid Topan berjanji akan membuat kejutan. Prestasi di seri sebelumnya memang kurang bersinar lantaran terkendala pada ban.

“Kemarin (seri 3),  memang ada problem dengan kinerja ban yang tidak optimal hingga Wahyu terjatuh. Tunggu kejutan kita di seri besok ya, “tukas Hawadis. Ia mengaku seding melakukan riset serius pada pengapian yang masih mengandalkan aki standar pabrik karena yang aftermarket sangat mahal. Hasilnya,  ukiran waktu di dua kelas kejurnas (250 dan 150 cc) terus dipertajam. Bahkan untuk R15, rekor tercepat masih dipegang Wahyu Aji dengan 1:50,955 detik.

Road race, IRS, Sentul, Yamaha, Syarul Amin
Kelas 250 didominasi Yamaha R25

Memang, hingga seri 3 (14/8), para pebalap tim Yamaha masih mendominasi klasemen. Terutama di sport 250 cc, puncak klasemen diduduki dua pebalap dari satu tim Yamaha Bahtera Racing, yakni Syarul Amin dan Willy Hammar. Dengan membesut Yamaha YZF-R25 keduanya menguasai jalannya lomba seri 3 dan bahkan Willy menorehkan best time 1:43,776 detik.

“Untuk riset terus kita jalani. Pastinya tidak ekstrem karena memang dibatasi regulasi. Tenaganya saat ini sekitar 42,5 HP (Horse Power). Limiternya di RPM 15.000 dan RPM jalannya seputar 14.000-an. Kita sedang fokus menyempurnakan mapping di RPM rentang 10.000-13.000 agar lebih optimal, “ujar Gendut GDT Racing selaku mekanik yang tetap pede dengan ECU by aRacer dan mematok AFR pada 12,5 dan TPS antara70-80 persen.

Beda dengan kelas 150, dalam lima besar klasemen sementara tidak semua diborong

Roaada race, IRS, Sentul, Yamaha
Syarul Amin (kiri) Hammer, penguasa klasemen sementara 250

Yamaha. Ada satu pebalap dari tim Astra menyelip di urutan keempat. Sedang puncaknya dipegang oleh Irwan Ardiansyah Yamaha Yamalube Nissin KYT FDR dengan 37 ditempel Wahyu Aji dengan selisih 1 angka. Cukup ketat!

” Untuk kelas 150 cc, kami masih perlu waspada karena poin masih selisih kecil dengan kompetitor. Pastinya tidak akan lengah, apalagi yang ke-1 dipegang oleh Mas Irwan yang punya jam terbang lebih banyak, “ tutur Kadek Suma, Supervisor Motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Rilis Yamaha

BAGIKAN