nhk

IRS Sentul 2016: Knalpot Proliner Yang Membawa CB150R Langsung Juara

irs-cbr-proliner-ultra-speed

ManiakMotor – Hebat. Gabungan ECU aRacer RC2 Miniplus dan riset knalpot terbaru CBR150R melejit di bawah 2 menit. Itu terjadi di IRS Sentul di sirkuit Sentul 13 – 14 Agustus 2016  lalu di kelas CBR Dream Cup 150R. Di bawah 2 menit dengan regulasi ala one make race (OMR) yang sangat terbatas. Nggak boleh portingan, hanya bisa naikan kompresi lewat paking, ganti knalpot dan ECU bersama pengapiannya.

Di situlah unggulnya Honda CBR150R milik Ultra Speed Racing Proliner Traxaxx Mimaki. Di QTT saja yang kedua ditinggal 4 detik, haha. Saat lomba sendirian memimpin. “Saya gabungkan ECU aRacer RC Miniplus 2 dan riset knalpot bersama Proliner. Eh keduanya ketemu,” sebut Freddy Gautama si bos tim dan distributor aRacer Indonesia.

Kalau soal aRacer sudah nggak usah ditanya deh. Tapi tiba-tiba pakai knalpot Proliner, nah itu yang bikin kaget. Maklum, OMR Honda sebelumnya kerjasama dengan produk knalpot lain. “Di situlah ceritanya. Saat ini semua knalpot boleh masuk. Kesempatan riset terbuka dari knalpot berbeda. Makanya di IRS ini menggunakan  Proliner,” kata Rio Tan dari R&D PT Enwan yang memproduksi knalpot Proliner.

Pipa pelepas gas buang yang satu markas dengan R9 ini memang jagoan knalpot tercanggih Indonesia. Betapa tidak, produknya dirakit dengan robot. Menurut Rio, Proliner yang digunakan sebenarnya memang diperuntukan buat CBR150R untuk jalanan. Tapi mengalami beberapa revisi saat diriset bersama Ultra Speed.

Revisinya nggak banyak-banyak karena dasarnya, knalpot Proliner sudah memiliki permainan kerucut yang istimewa. Itu kerucut dibuat dari robotik nggak perlu sambungan-sambungan pelat. “Termasuk perubahan sedikit pada tabungnya,” tambah Rio.

Dahsyatnya knalpot ini berlanjut ke Honda Dream Cup di Kemayoran pada 20 Agustus kemarin. Mantap… “Memang mantap, karena motor bertambah dk. Kalau di sirkuit langsung lebih cepat 2 – 3 detik dari knalpot lama,” dukung Freddy yang tak menampik peran ECU juga besar pada CBR150R andalan timnya. MM

BACA JUGA

IRS 2016 Sentul: R25 Community Antusias Balapan, Sangat Menikmati!

FDR IRS 2026 Sentul (Seri 3) 2016: Service Car FDR Berjasa, Gratis Pula!

Hasil IRS Seri 3 Sentul, Jabar 13 – 14 Agustus 2016

IRS Sentul 2016 Race: Ramai Tuding Pelek Impor, Nih Solusi Menghadangnya

IRS 2016 Sentul (Seri 3) Sport 250:Amin Double Winner, Gendut Buka Rahasia Sukses   

BAGIKAN