nhk

IRS Sentul 2016 Seri 2: QTT Kejurnas 150 cc Millik Honda CB150R, Macan Mana R15

ManiakMotor – Sudarmono alias Momon memang bukan pembalap kemarin sore. Dia senior yang pasti mengerti seluk-beluk sirkuit Sentul Besar, termasuk menyetel motornya. Sudah dua tahun ini dia membela Astra Honda Racing Team.

Saat  QTT kejurnas sport 150 di ronde 2 IRS 2016 yang diadakan  Sabtu, 21 Mei 2016 di Sentul International Citcuit (SIC), Sudarmo tercepat dengan Honda CB150R-nya. “Memang saya banyak melakukan curi angin maka bisa tercepat. Setelan ECU aRacer RC1 juga tepat,” kata Momon yang mencetak 1:52.552 tersebut.

Kata Pak Dar eh Sudarmono, dia menggunakan CB150R lama, namun blok sampai head silinder sudah dimodif. Modifnya sesuai dengan aturanlah. Lebih penting lagi  yang mendorong Sudarmono ke depan ban FDR-nya, hehe. “Juga suspense Ohlins. Keduanya kelihatan sepele, tapi di bagian itulah kenyamanan motor didapat, apalagi di Sentul besar,” tambah Momon yang orang Gunung Khidul itu.

Namun perjuangan Momon masih akan dapat tantangan berat saat race. Mengingat para andalan Yamaha dengan R15 ada yang ketiban sial pada kualifikasi. Misalnya, kandidat macam duet Yamaha Bahtera Racing NHK SSS aRacer, Wilman Hammer dan Syahrul Amin. Motor keduanya bermasalah. “Injector Sharul nggak rata menyemprot bahan bakarm kejadiannya pas QTT pula. Sedang R15 Wilman, noken as-nya putus, ya nggak ikut QTT,” sebut Gendut, mekanik Bahtera.

Juga bisa dilacak pada seri 1 yang R15 sebenarnya punya catatan waktu bermain 1:51 koma kecil. Ya itu yang dilakukan Fitriansyah Kete seri sebelumnya saat kualifikasi. “QTT seri 2 ini memang kondisi motor menurun. Angin di Sentul juga sangat kencang. Lihat saja, habis QTT 150 hujan lebat. Kita lihat saja nanti saat lomba,” kata Kete yang membela  Khevalindo Waloja dan hanya menempati posisi ke-10 dengan time 1:53 koma besar.

Lalu siapa yang kedua, tuh Steven Budiman yang menggeber R15 milik ICE Hogo Stebo Racing. Dia punya mesin karya BRT yang menggunakan ECU BRT Juken 3. “Motor sih ngelawan. Entalah pembalapnya?” canda Steven.

Sekadar pengumuman juga, race 1 Supersport 600 dan QTT kejurnas 250 ditunda sampai Minggu 22 Mei. Alasannya, soal alam. Hujan di Sentul lebat bangat sejak siang sampai sore. “Yang terganggu dua kelas tersebut, nggak bisa dijalankan,” komentar Eko Rianyanto dari IndoSpeed, penyelenggara IRS. Prat

BACA JUGA

Hasil IRS Sentul Seri 2, Bogor, Jabar 21 – 22 Mei 2016

IRS Sentul 2016: Ada OMR R25, Ada 30 Rider From YSR (Com A dan Com Pro)

IRS Sentul 2016 Seri 2, Kawsaki Manual Tech Hadir, Ibnu Sambodo Bilang Balap dan Berlatih!

IRS Sentul 2016 seri 2 (Jelang): All New CBR 150 Vs R15, Torsi Kuat!

IRS Sentul 2016; Kheevalindo Waloja, Makin ‘Kece’ Bersama Fitriansyah Kete!

 

BAGIKAN