nhk

IRS Sentul 2016 Sport 150 & 250 cc: Rider Yamaha Dominasi Podium Dan Klasemen

KEJURNAS 250 CC dikuasai rider-rider Yamaha
KEJURNAS 250 CC dikuasai rider-rider Yamaha

 

ManiakMotor – Yamaha dilawan, memang nggak ada lawan. Ronde 4 Kejurnas IRS 2016 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jabar pada 9 Oktober 2016, dua kelas sekaligus pembalapnya lenggang kangkung mengisi semua podium. Yakni  kelas open atau terbuk di kelas Sport 150 cc dan 250 cc. Bahkan berderet di papan klasemen.

Sport 150 cc, YZF-R15 mudah saling lawan sendiri. Maksudnya sesama R15 saling gempur. Podium jawara diraih Bangun Septyana asal DKI Jakarta dari tim Yamalube Mandiri Bien Racing WHK35 Gandasari. Kedua dan ketiga atas nama Syahrul Amin (Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera Racing Team) dan M Ilham Buldog (549 Kaboci Racing Team).

R25 raja IRS 250 cc
Kelas 250 mengisi semua podium dan klasemen

“Ini podium pertama saya selama balap IRS. Perfoma mesin sangat mendukung terutama di trek lurus utama. Kita juga mengganti link suspensi belakang yang lebih tinggi dari sebelumnya. Efeknya sangat baik saat masuk tikungan. Motor bisa lebih tajam tanpa membuang kecepatan,” bangga Bangun dari tidur, eh salah, ya namanya memang Bangun.

Bukti lagi, R15 mudah dibuat untuk balap, ada pada tunggangan Bangun. Itu R15 baru dibikin buru-buru untuk ikut IRS serti 4 ini. Katanya sih rasa mengendaranya berbeda dengan R15 Wahyu Aji. Yang ini kompresinya lebih tinggi, karena oktan Pertamax Plus Turbo yang dijual umum sudah ada RON 98, sebelumnya kan 95.”Makanya akselerasinya lebih ngisi,” terang Hawadis selaku mekanik.

Beda lagi dengan Syahrul Amin yang juara di Kejurnas 250 cc. Yamaha YZF-R25 bisa dibawanya pada racing line Sentul di antara para penunggang R25. Disebut begitu, karena di seri 4 kemarin, banyak merek lain yang sudah menyerah duluan alias nggak pada ikut. Syahrul sejak kualifikasi memang memiliki pace yang bisa diandalkan. Syahrul adalah pole sitter alias start dari grid pertama yang ia kawinkan dengan juara saat race day. Itu sama dengan mengulang seri 3 yang dia juga kampiun.

Kelas 150 cc juga sama saja, jago podium dan klasemen
Kelas 150 cc juga sama saja, jago podium dan klasemen

Runner-up M Dwi Satria (AR-1 Abirawa NHK RBRT) yang juga pakai R25 dan ketiga M Zaki Adil (Yamaha Yamalube Nissin Tunggal Jaya). Syahrul, Satria dan Zaki ditempel Irwan Ardiansyah (Yamaha Yamalube Nissin KYT FDR) dan Nico Julian. “Inginnya bermain aman dengan rekan setim (Willy Hammer). Sayang, Willy bermasalah pada rem dan saya fokus sendiri. Semoga bisa juara nasional,” tutur Syahrul.

Tidak ketinggalan, tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) ikut bertarung di kelas tersebut diwakili Galang Hendra. Namun, motornya menggunakan regulas seperti ARRC. Misalnya mesin standar dan pelek asli R25, padahal aturan IRS memperbolehkan noken-as durasi racing dan pelek racing. Maka Galang cukup puas ke-7. “Itu sengaja agar Galang meningkat skill-nya. Dia bisa mengakali performa motornya pada cara bawa berlari pada racing line paling ideal. Sebab fokus kita coba beberapa set-up untuk siap-siap seri akhir ARRC di Thailand,” tukas Wahyu Rusmayadi selaku manajer YRI.

Dengan dominasi di Sport 150 cc dan Sport 250 cc, maka petarung-petarung garputala menguasai klasemen sementara. Itu modal merebut juara nasional. Terutama bagi Syahrul yang memiliki gap atau jarak hingga 20 poin dengan posisi dibawahnya. Seri akhi RS 2016 awal November nanti. “Keberhasilan Yamaha di kelas Sport 150 dan 250 cc, sebagai bukti dari edukasi bertahap lewat Sunday Race yang 3 tahun terakhir berjalan,” tukas M Abidin, General Manager After Sales & Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang hadir setia di lintasan hingga race berakhir. www.yamaharacingindonesia.co.id   

 

HASIL JUARA SPORT 150 CC

  1. 121  Bangun Septyana (Yamalube Mandiri Bien Racing WHK35 Gandasari FDR)
  2. 199 Syahrul Amin (Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera RT)
  3. 138 M Ilham Buldog (549 Kaboci Racing team)

 

HASIL JUARA SPORT 250 CC

  1. 199 Syahrul Amin (Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera RT)
  2. 81 M. Dwi Satria (AR1 Abirawa NHK RBRT)
  3. 32 M.H Zaki Adil (Yamaha Yamalube Nissin Tunggal Jaya)

 

KLASEMEN SEMENTARA KEJURNAS 150 CC

  1. 60 Wahyu Aji Trilaksana                 46 Poin                                 HDS Racing Team
  2. 199 Syahrul Amin                             45 Poin                 Yamaha Yamalube NHK NGK Bahtera
  3. 75 Irwan Ardiansyah                       45 Poin                                 Yamaha Yamalube Nissin KYT FDR
  4. 57 Janoer Deden                              44 Poin                 Yamaha Yamalube Akai Jaya Sidrap BAF MBKW2
  5. 54 Sudarmono                                   38 Poin                 Astra Motor Racing Team

 

KLASEMEN KEJURNAS SPORT 250 CC :

  1. 199 Syahrul Amin                             88 Point                Yamaha Yamalube NHK Nissin NGK Bahtera
  2. 32 M.H Zaki Adil                                68 Point                Yamaha Yamalube Nissin Tunggal Jaya
  3. 50 Wilman Hammar                         58 Point                Yamaha Yamalube NHK Nissin NGK Bahtera
  4. 75 Irwan Ardiansyah                       54 Point                Yamaha Yamalube Nissin KYT FDR
  5. 57 Janoer Deden                              44 Point                Yamaha Yamalube Akai Jaya Sidrap BAF MBKW2
BAGIKAN