nhk

IRS Sentul 2018: Tukang Bikin Body Fairing Balap, Andalan Tim Jawara Indonesia 

Ucok lagi memeriksa bodi R25 milik Yamaha TJM

ManiakMotor – Sosoknya berperawakan tinggi besar,  kaya raksasa. Tampang juga sangar, tapi hati hello kitty. Itulah sosok abg Ucok dari Papua, eh Medan, Batak asli bah. Nama aslinya Yohannes Sirait, 37 tahun.

Si Ucok bos dari Ucok MM Customs (UMC) yang ahli bikin bodi balap motor sport. Sebut saja begitu, lantaran dia betemu maniakmotor.com di ronde 1 IRS Sentul, Bogor yang berlangsung 17-18 Maret 2018.

Sehari bisa kerjakan sampai 12 bodi

Di event tersebut yang dilombakan hanya kelas sport, “Yang pesan bodi ke UCM dari tim papan atas Indonesia sampai Asia. Seperti Thailand, Singapura, Malaysia, dan Taiwan. Taiwan kalau bikin ECU aRacer pintar, tapi bodi nggak, haha,” kata si Ucok yang menggeluti pekerjaan ini sudah 10 tahun.

Bahan dasarnya fibeglass, namun si Ucok punya teknik khusus meramunya. Contoh bisa tipis dan ringan, namun tetap kuat menembus angin untuk aerodinamika di atas 200 km/jam pada rangka kejurnas 250 cc. Juga bobotnya bersaing dengan fairing atau bodi buatan Jepang yang harganya puluhan juta.

Eh produksi UMC ini masih di bawah Rp 2 juta. Pokoknya buatannya selalu ikut trend. Saat ini, bodi kelas 150 dan 250 yang ramping dan pipih, ya diikuti. Mirip dengan fairing dan bodi Moto3, “Masukannya kebanyakan dari pembalap, mekanik dan pemilik tim. Itu langsung diolah agar pas dimisnya,” tambah Ucok yang saat ini memperkerjakan 20 tukang bodi.

Herannya walau fiberglass, tapi bodi UCM ini termasuk alot. Tidak mudah robek. Padahal, katanya pengerjaan dilakukan manual dari airbox, fairing, radiator scoop, klaiper scoop dan sebagainya. Asal tahu saja, UCM yang beralamat di Jln Haji Naman No.1, Pondok Kelapa, Jakarta Timur itu, mengerjakan sekitar 20 tim besar Indonesia. MM

BAGIKAN