nhk

IRS Sentul 250 cc, Dengan CBR250 Denny Juara Nasional

 

ManiakMotor –  Juara nasional 250 cc nyaris saja direbut Kawasaki lewat Ivan Admaja (Blaze B’Pro Racing) dalam seri 5 atau penutup Indospeed Race Series. Event ini berlangsung di sirkuit international Sentul, Bogor, Jawa Barat, 9 Desember 2012. Saat race Ivan terus di rombongan depan menguber-uber Dwi Satria yang menggeber CBR250 milik Wahana Dunia Motor.

Untung lap akhir di tikungan akhir menuju finish, Satria lepas dari pegangan Ivan. Kalau tidak, Ivan atau Kawasaki yang juara dengan catatan. Hihihi, catatannya bila Denny Triyugo yang membela Astra Racing Team yang memimpin klasemen sampai seri-4 keluar dari lima besar. “Posisi 4 cukup, sebetulnya itu bukan main aman, memang yang di depan sulit dikejar,” kata Denny yang akhirnya mengoleksi 89 poin disusul rekan setimnya Wawan Hermawan 83 poin dan Ivan sendiri 81 poin.

Ada benarnya omongan Denny, sebab fastest lap diukir Satria yang 1 menit 48.502 adalah rekor. Ivan juga dengan Ninja bisa mencetak 1 menit 49 detik bersih. Tapi bukan itu yang diceritakan. Itu gambaran kedua motor ini sebenarnya seimbang. Ninja hanya kalah di seri perdana, ketika belum ada revisi bobot. Seri 2 yang bobotnya diatur ulang, perlawan mulai ada tapi Ninja masih belajar set-up akibat perubahan bobot.   

Dengan kata lain dan memang tidak ada kata lain, kedua motor ini sama kuat dan akan ‘ramai’ ke depan. Hanya beda karakter. Perbedaan itu sama-sama menguntungkan di Sentul besar alias bagi rata kekuatan. Di trek-trek panjang Sentul, Ninja memiliki keuntungan lewat silinder gandanya. Top speed-nya jalan. Buktinya  beberapa kali CBR Satria dilibas Ivan di trek lurus.

Tapi Ninja pun punya kelemahan soal kelincahan meliuk di tikungan. Ya iya, menang di puncak belum tentu menang di bawah, itu hukum motor bakar, “Selain sumbu roda yang lebih panjang dari CBR, reaksi mesin pada putaran bawah kurang mendorong. Jadinya, motor terlambat menengok,” kata Ivan dengan keringat yang masih belum diseka.

Kelebihan CBR, jelas kekurangan dari Ninja. CBR bisa lincah karena ditolong silinder tunggalnya yang memang unggul akselerasi. Bukan hanya milik Satria, punya Denny, Wawan dan pokoknya pengguna CBR bisa untung di R2 ke-R3 dan R5 menuju R6 alias ‘S kecil’.  “Memang begitu. Contoh di straigh, saya telah coba berbagai cara, tetap kalah di trek lurus,” cerita Satria.

Makin rame tahun depan. Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi IRS Sentul (Final), 8 – 9 Desember 2012

IRS Sentul SS 600 (Race), Fadli Juara, Doni Malah Juara Nasional

IRS Sentul 250 cc, CBR 1-2 QTT, Ninja Ke-3

IRS Sentul; QTT SS600 Tetap M.Fadli, Bro..!

Jelang IRS Sentul, Tetap Panas Ninja 250 Vs CBR 250

Kawasaki Boikot Seri II IRS Sentul



BAGIKAN