nhk

IRS Sentul-ARRC 2014 Supersport 600 cc; Kata Ibnu Sambodo, Jangan Mimpi Ke MotoGP?

 

 

ManiakMotor – Hasil tes awal Maret lalu (5/3) di sirkuit Sepang, Malaysia  untuk Asia Road Racing Championship (ARRC), menempatkan H.A Yudhistira ke-3. Yudhistira andalan Manual Tech Kawasaki Racing (MTKR)  di Supersports 600. Ia punya best time 1;05.610 (practice-4). Posisi 1 dan 2 ditempati Katsuaki Fujiwara (Japan) dan Md Zaqhwan Zaidi (Malaysia). Sesi itu sendiri  diikuti 21 rider. Lumayan kan…

Bagi Ibnu Sambodo, pemilik sekaligus chief mekanik MTKR yang menggawangi geng ijo, hasil tadi  membanggakan sekaligus pembangkit motivasi. “Nggak usah dulu mimpi ke level MotoGP, tingkat Asia bisa berprestasi, itu sudah oke. Lha, di Asia Tenggara saja belum juara, mau apa di prototipe sana, mau bulan-bulanan?” kata Ibnu sembari bertanya.

Jika memaksa, hasilnya memang keliyengan seperti sampeyan yang sudah lihat hasilnya. Tahun ini, saat sesi latihan di Qatar seri pertama MotoGP 2014 saat ini sedang berlangsung, pembalap Indonesia sudah hilang. Makanya saat dijumpai di markasnya di Jln. Kaliurang, Km. 8,5, Jogja, Pak De – sapaan akrabnya – begitu antusias cerita jenjang.

Katanya, itu harusnya dipikirkan pabrikan, karena hanya mereka yang bisa membawa jenjang setingginya, lantaran dana. “Kami yang pegang tim hanya bikin proses,” kata Ibnu seraya menyebut Supersport 600 cc sudah bagian dari itu. “Apalagi di Indonesia Supersport  600 mulai banyak tim yang diikuti pembalap profesional, bukan lagi hobi seperti dulu,” jelas Ibnu sembari menunjuk event IRS Sentul. Sayang event ini seharusnya berlangsung akhir Maret 2014 di Sentul, tapi ditunda lantaran pemilu.

Dalam kacamata Ibnu, Malaysia dan Thailand bisa jadi contoh pola pembinaan skill dan mental pembalap sesama negara Asean.  Doi bersyukur  Yudhistira (Kalsel) di tahun keduamya cepat beradaptasi sekalipun tak lagi bersama M. Fadli lagi. Ardel   

BACA JUGA

IRS 2014 Supersports 600 Ramai; Yamaha Empat Tim, Belum Yang Lain-Lain

Kenalpot WRX Diakui Di One Make Race CB150R Dan CBR250R 2014

Astra Motor Racing Team (ART); Pola Pembinaan Pembalap Muda Modern, 16 Tahun Geber 600 Cc

 

BAGIKAN