nhk

FDR IRS Sentul Seri 2 2017: Knalpot Proliner Di Yamaha R25 Rey Ratukore Cs. Knalpot Juara

ManiakMotor – Untuk juara di IRS sudah pakai teknologi canggih, termasuk knalpotnya. Berarti canggih juga nih Proliner. Tuh Yamaha YZF-R25 yang semuanya di depan saat IRS ronde 2 pada 21 Mei 2017 kemarin, semuanya pakai Proliner.

Entah itu knalpot Galang Hendra Pratama yang pole position sampai yang juara digeber Rey Ratukore. Eh termasuk juga R25 digunakan Imanuel Pratna, pakai Proliner. “Seperti biasa teknologi kerucut pada dua leher knalpot yang dua silinder. Harus seimbang pengeluaran gas buang dari dua silinder,” sebut Rio Tan yang jadi pelantara antara tim yang menggunakan proliner.

Katanya kerucut versi knalpot Proliner tidak menggunakan pelat yang dibelah lalu dilas. Akan tetapi memakai robotik dengan cara pipa diameter sesuai kemauan mesin yang diperbesar. Pembesaranya dari pipa yang menjadi kerucut. Makanya nggak ada banyak pengelasan membuat gas buang tampa hambatan. Tekanan dari dua silinder pun podo.

Lihat saja, R35 Galang, Pratna dan Rey enak sekali suaranya. Suaranya racing bangat. “Knalpot ini saat dimapping dari ECU aRacer juga lebih mudah membaca AFR-nya,” kata Leon Chandra yang menangani tiga motor tersebut.

Namun bukan hanya R25 yang kencang ditunjang Proliner. Beberapa CBR350RR juga menggunakannya. Kecuali milik AHRT yang dirancang dari Jepang belum pakai knalpot mereka, hehe. “Kalau di Honda CBR350RR digunakan milik tim Ultra Speed Racing. Cuma kan, mesin mereka masih standar habis,” tambah Rio.

Oke deh percaya. MM

BAGIKAN