nhk

IRS Sentul Seri 4 2016 : Syarul Amin dan Ilham Buldog Pole Position, Galang Kendala Pelek

Road race, IRS, Kualifikasi, Sentul

ManiakMotor – Hanya ganti bahan bakar dan menaikkan kompresi membuat performa motor jadi lebih baik. Hasil ini sudah dibuktikan Ilham di sesi kualifikasi  IRS seri 4 di sirkuit Sentul, Cibinong, Bogor, Jabar, kemarin (8/10). Dengan Yamaha R15, pebalap tim 549 Kaboci Racing Team ini berusia 16 tahun asal Makassar (Sulsel) menorehkan waktu terbaik 1:50,905 detik. Best time Ilham yang kini bermukim di Jogya itu berhasil mempertajam rekor Wahyu Aji yang 1:50.955 diukir di seri 3, yang kali ini hanya menorehkan 1:51.015.

“Saya justru memilih bermain aman dan tidak ngotot. Yang pasti, motor lebih baik dari putaran sebelumnya, “terang Ilham Buldog yang mengaku baru lima kali bermain Sport 150 cc di Sentul. Melejitnya Ilham, diakui oleh sang tuner Syifaruddin – akrab disapa Acos – karena penggantian bahan bakar pertamax-turbo dan kompresi dinaikkan menjadi 13, 4 : 1. Secara logika, memang perbandingan kompresi wajib dinaikkan ketika oktan lebih tinggi (98) agar tidak terjadi gejala mesin ngelitik yang sebelumnya mengandalkan Pertamax-Plus (95).

Roadrace, IRS, Syarul Amin, Sentul
Syahrul Amin tercepat

Untuk kategori Kejurnas Sport 250 cc kembali dikuasai duet Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin Bahtera Racing, Syahrul Amin dan Willy Hammer. Mereka masing-masing merebut pole-position dan grid kedua dengan waktu 1” 43,676 detik (Syahrul) dan  1” 43,838 (Hammer).

“Untuk kondisi motor memang sangat prima saat ini, “serentak Syahrul Amin dan Willy Hammer yang memang menguasai klasemen sementara Sport 250 cc sampai dengan seri ke-3.

Road race, IRS, sentul, Galang
Galang, pelek masih di kontainer Asia

Kiat cepatnya Syahrul melesat tak lepas adanya perubahan pada suspense. “Set-up yang berubah ialah suspensi depan. Kita coba pakai catridge. Latihan sudah kita pakai dan respon pebalap cukup baik, “timpal mekanik Widya Krida Laksana, akrab disapa gendut GDT Racing.

Sementara , Galang Hendra dan Rey Ratukore yang Minggu lalu baru ikut di Asia Road Race India menduduki urutan ke-7 dan Rey ke-12. “Keikutsertaan kita punya target, baik untuk rider dan teknisi. Memang untuk pebalap, kita hanya pakai wheel atau velg standar karena seluruh stok ada di kontainer Asia. Jadi ada pengaturan baru suspensi dan adaptasi saat entry-cornering. Kalau mekanik, kita mengujicoba beberapa settingan mapping ECU. Semoga race besok kita memperoleh hasil yang baik, “tutur Wahyu Rusmayadi selaku manajer tim YRI. Rilis Yamaha

www.yamaharacingindonesia.co.id

BAGIKAN