nhk

IRS Seri 2 Premium 125 cc, Pembuktian Kawasaki

ManiakMotor – Langkah piston pendek dari bebek Kawasaki, gurih dikebut di sirkuit Sentul. Gupita Kresna, joki Kawasaki Manual Tech (KMT) bisa podium di Premium Cup 125 cc. Tipikal piston langkah pendek, kitirannya sambung menyambung jika bermain di sirkuit datar. Makin ganas, di sirkuit yang lebar-lebar seperti Sentul Besar yang dipakai seri 2 IRS Seri kelas Premium 125 cc, 20 Mei 2012.

Gupita dengan taktis patahkan perlawanan Hendriansyah,  Rey Ratukore dan Owie Nurhuda. Dibantu lengkingan mesin ‘Kawak’, Gupita lolos dari kepungan tiga pembalap yang mahir geber itik itu. “Jaga,  jangan sampai rpm turun saat rolling speed. Bila terjadi, tenaga sulit kembali pada putaran ideal. Bisa kalah aku,” kata Gupita yang sudah dua tahun ini memperkuat KMT.

Ibnu Sambodo, pawang KMT yang juga kiliker Kawak, sengaja mengembalikan performa bebek ijo ini. Minggu lalu, Gupita babak belur di ARRC Sepang. “Sepang di bagian utara itu, kebanyakan menanjak. Kawasaki yang stroke-nya  6 mm lebih pendek dari Yamaha dan Honda, kesulitan. Torsinya belum dapat, sudah menghadapi tanjakan,” sebut Ibnu yang akan membalas kekalahannya di Sepang dengan menyetel lebih dulu di IRS.

Langkah piston Kawak Edge yang dipakai balapan ini 50,6 mm. Dinaikkan sampai 125 cc, bukan stroke yang berubah, tetapi diameternya. Stroke dilarang regulasi. Jadinya oversquare alias diameter lebih besar dibanding  stroke. Kalau disebut enginesquare antara bore dan stroke sama jumlahnya. Undersquare, diameter lebih kecil dari langkah piston. Paling bagus yang seimbang seperti dimiliki Jupiter Z dibore-up jadi 125 cc atau enginesquare.

Oversquere rpm bisa tinggi, tapi torsi payah. Ada tanjakan atau  stop and go, pasti kelabakan. Tidak boleh terpengaruh gangguan dari lawan yang membuat irama rpm ngaco. “Saya lebih banyak menghindar kalau diajak duel terus, kecuali momennya tepat,” papar Gupita sembari meninju udara tanda kemenangan.

Begitu perjalanan lomba kelas 125 cc di IRS Sentul. Sayang hasil lombanya ditunggu sampai jam 12 malam juga belum sampai. Menyusul ya. adit

BERITA TERKAIT:
Kawasaki Boikot Seri II IRS Sentul
Regulasi 250 cc Yang Adil, CBR 56 Dk dan Ninja 65 Dk
IRS Sentul, Menghidar Dari 250 cc
Latihan IRS Sentul 250 cc, ‘Kawak’ Diasapi 3 Detik
IRS Seri 2 Sentul, Balap Bebek Adalah Warisan
IRS Seri 2 Supersports, Tumben Don…?
Revisi Bobot Kejurnas 250 cc, Adil Kah????
IRS Seri 2 Premium 110, Dimenangi Hendriansyah
IRS Seri 2 Premium 125 cc, Pembuktian Kawasaki
IRS 250 cc Seri 2, Senjata Ninja Shuriken-Jutsu..!
Kejurnas 250 cc IRS, Bekal Honda Di Asia Dream Cup
FDR Penyedia Ban IRS, Tapi Bebas
IRS Sentul, Rookies Yang Bebek Juga
Pembalap Malaysia Jajal IRS Sentul
IRS Sentul, CBR 250 Jauh Sekali

 

 

1.    Gupita Kresna          Kawasaki

2.    Hendriansyah          Yamaha

3.    Rey Ratukore           Yamaha

4.    Owie Nurhuda          Honda

Gerry Salim

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353