nhk

IRS Seri 2 Sentul, Balap Bebek Adalah Warisan


ManiakMotor – Bebek di IRS Sentul disebut kelas Premium Cup 110 cc dan 125 cc. Dua kelas ini dicampur pemula atau Rookies Cup. Walau dicampur, juaranya beda. Nilainya tersendiri. Tetapi, aturan tekniknya sama dengan IndoPrix dan MotoPrix.  Motor yang dipacu di situ adalah, kategori MP1 dan MP2 atau IP1 dan IP2. Nama saja bule yang seri 2 sedang berlangsung sejak 18-20 Mei di Sirkuit Sentul Internasional itu. Tapi itu bebek, balap khas Indonesia. Mau jumpalitan seperti pada gambar itu, dia tetap balap rakyatnya kita. Pusaka bangsa..!

Walau IRS itu katanya tadinya dan awalnya begitunya, hanya untuk sport, panitia tetap membuka  bebek. Bisa diduga, di IRS, kelas ini  yang justru banyak menyumbang persertanya. “Seri pertama sampai 30 peserta setiap kelas. Seri 2 ini berkurang. Tim saya hanya ikut Rookies atau pemula,” tekan Rawal Lasut dariHonda Daya PKG NHK AHRS Daytona Mizzle.

Irwan Ardiansyah dan Hendriansyah dari Jogja misalnya, datang ke IRS demi bebek. Jawaban klasik sih, biasakan setingan di sirkuit besar. Lalu, ya banyak membalap. Kalau hanya tunggu IP, sikit serinya. “Semakin tinggi pangkat pembalap Indonesia, kian berkurang event diikuti. Apalagi tim Yamaha, ikut kelas sport yang murah, Yamaha tidak memproduksi motornya,” tukas Irwan dari Yamaha Gandasari Pertamina tersebut.

Dekat-dekat dengan yang disebut Farryd Sungkar dari Honda MS Nissin  (HMN) yang menjagokan Owie Nurhuda. Katanya, home base HMN ada di Jakarta. Nah, Sentul adalah  tetangga. “Tim saya hanya tim bebek. Pasti lebih irit mendaftar di IRS ketimbang ikut ARRC sampai ke Cina dan Qatar. Saya ikut semua seri IRS 2012, karena memperbanyak balap,” imbuh Farryd.

Mau ngajari di sirkuit besar kek, internasional kek, atau loncatan kejuaraan dunia lainnya kek, mutlak ada bebek. Dia wajib kwek, kwek, jadi pengisi acara balapan aspal Indonesia. Ingat, “Underbone adalah warisan balap motor Asean, termasuk Indonesia di dalamnya. Ini balapan yang unik, harus dilestarikan,” tutur Ron Hogg dari TWMR, promotor ARRC. Itu alasannya  mempertahankan bebek di ARRC. Dia nongol di Sentul, bukan mengintip tapi ada pertemuan membahas seri 2 ARRC di Sentul, Juni nanti.  

Tuh, warisan. Harus dilestarikan! Miolo

BERITA TERKAIT:
 
 
Kawasaki Boikot Seri II IRS Sentul
Regulasi 250 cc Yang Adil, CBR 56 Dk dan Ninja 65 Dk
IRS Sentul, Menghidar Dari 250 cc
Latihan IRS Sentul 250 cc, ‘Kawak’ Diasapi 3 Detik
IRS Seri 2 Supersports, Tumben Don…?
Revisi Bobot Kejurnas 250 cc, Adil Kah????
IRS Seri 2 Premium 110, Dimenangi Hendriansyah
IRS Seri 2 Premium 125 cc, Pembuktian Kawasaki
IRS 250 cc Seri 2, Senjata Ninja Shuriken-Jutsu..!
Kejurnas 250 cc IRS, Bekal Honda Di Asia Dream Cup
FDR Penyedia Ban IRS, Tapi Bebas
IRS Sentul, Rookies Yang Bebek Juga
Pembalap Malaysia Jajal IRS Sentul
IRS Sentul, CBR 250 Jauh Sekali

 

BAGIKAN