nhk

IRS Seri 3 Sentul, Fokus Ninja 250 Vs CBR 250

 

 

ManiakMotor – Balap motor berseri selalu sambung menyambung dari seri ke seri. Seri dua Indospeed Race Series (IRS), bulan lalu, sudah terbalas kekalahan Kawasaki  yang ‘menyakitkan’ di seri pertama kejurnas 250 cc. Ini kelas harapan Indonesia ke jenjang lebih tinggi. Silakan baca BERITA TERKAIT untuk mengait-ngaitkan adanya seri 3 IRS di Sentul Besar, Minggu ini atau 7-8 Juli 2012.

IRS sejak awal diformat untuk balap di sirkuit besar, sirkuit permanen yang internasional. Lalu muncul kelas 250 cc, karena animo di balap motor itu lumayan tinggi. Terutama dideteksi dari one make race Honda dan Kawasaki. “Dari pada main sendiri-sendiri, kenapa tidak berkompetisi di kejurnas. Segi promosi dapat, prestasi juga jalan,” sebut Bambang Gunardi dari IndoSpeed penyelenggara IRS.

Benar saja, seri pertama IRS kelas ini langsung ‘memanas’.  Kawasaki sejak melempar Kawasaki 250 di pasar, diikuti tumbuhnya hobi balap motor di kelas ini di Sentul. Kira-kira sudah duluan 3 tahun, sebelum ada kejurnas 250. Mereka terkaget dengan performa Honda CBR yang baru turun seri pertama IRS, tapi langsung melejit. Saat itu pun, bobot dipersoalkan. Sampai-sampai Kawasaki mengancam boikot.

Boikot tidak terjadi karena ada perubahan pada aturan bobot. Itu namanya musyawarah menuju mufakat.  “Kawasaki hanya kaget saja, nanti juga akan berimbang begitu mereka menyesuaikan dengan regulasi,” papar Benny Djati, pemimpin rombongan Astra Motor Racing Team, tim yang membawa CBR. Betul juga, dengan perubahan bobot, Kawasaki bisa membalas pada seri ke-2.

Pendeknya, itu hanya bunga-bunga balapan yang ujungnya hanya dua, mengangkat pamor balapan itu sendiri atau sekalian mematikannya. “Revisi bobot jalan tengahnya. Saya yakin dengan bobot sekarang, balapan ini berimbang. Terbukti Kawasaki bisa melawan kan,” kata Ibnu Sambodo yang mewakili Kawasaki saat revisi ulang aturan bobot.  

Ya, lihat saja seri 3 kejurnas 250 yang gengsinya naik, lantaran versi prototipe-nya ada di Moto3. Pula, di ARRC dengan adanya Asia Dream Cup atau OMR Honda CBR 250. Dua utusan Honda Indonesia, salah satunya ikut kejurnas 250. Seru kan. Miolo

BERITA TERKAIT:
Hasil Semua Sesi Seri 3 IRS Sentul, 7-8 Juli 2012
IRS Seri-3 Sentul, QTT Ninja Dan CBR Setara
IRS 250 cc Seri 2, Senjata Ninja Shuriken-Jutsu..!
IRS Biasakan Balap Di Sentul Besar
Kejurnas 250 cc Diminati, Ada Barang
IRS Seri 2 Supersports, Tumben Don…?
Revisi Bobot Kejurnas 250 cc, Adil Kah????
IRS Seri 2 Premium 110, Dimenangi Hendriansyah

  

BAGIKAN