nhk

Jadwal Tes MotoGP Qatar 2017: Dari Pukul 20.00 WIB Sampai Subuh

Jadwal tes qatar-1

ManiakMotor – Balapan di Qatar selalu malam, katanya sih agar gurun pasir di belakangnya nggak kelihatan sorotan televisi. Onta-onta juga nggak nongol di layar kaca. Itu sih katanya. Termasuk jadwal test resmi MotoGP di sana yang dimulai 10 – 12 Maret 2017. Valentino Rossi cs akan begadang sampai mendekati waktu 00.00 waktu Losail, Qatar.

Jadwal

Sebab jadwal di Indonesia dimulai pukul 20.00. Itu artinya di Qatar masih jam 16.00 atau jam 4 sore dengan perbedaan waktu 4 jam dengan Jakarta. Hitung saja ada 8 jam tes dalam sehari atau finish 00.00 atau jam tiga dini hari di Jakarta. Wah begadang juga.

Sengaja dibikin malam, karena balapan aslinya di Qatar juga malam. Supaya kenyataan antara test yang diakhiri simulasi setingan balap. Dan kebetulan dua minggu kemudian, ronde pertamanya di Losail. Sekalian set-up lomba deh.

Inti dalam test ini, semua tim dan pembalap sudah harus menyimpulkan mesin yang harus digunakan. Usai tes Qatar, mesin akan disegel dan nggak bisa diperbaiki lagi. Cara ini katanya agar menghemat buat tim-tim yang kesulitan membangun mesin yang biayanya selangit.

Paling inti lagi melihat siapa yang konsisten tercepat dalam 8 jam perjalanan test. Kalau sudah konsisten, berarti akan lebih gampang buat si pembalap menyesuaikan ketika lomba seri perdana di Losail. Nah tunggu saja ntar malam. Miolo

BAGIKAN