nhk

Jago YSR, Yamaha YZF-R25 Rey Tantang CBR250RR Di IRS Sentul 2017, aRacer RC Super

YSR R25 Rey
Rey (222)

ManiakMotor – Sama aturan teknik IRS dan Yamaha Sunday Race (YSR) untuk sport 250 cc. Tapi kemarin di ronde pertama YSR di Sentul Besar 23 April 2017, Yamaha YZF-R25 Rey Ratukore bisa berlari 1 menit 43.5 detik sekian-sekian saat sesi pemanasan. Di lomba fastest lap 1’44.208. Rey juga seperti membalap sendirian di depan meninggalkan sekitar 2 detik Rapid Topan dan Willy Hammer berebut kedua.

Bandingkan dengan IRS ronde pertama awal April yang rata-rata 1’45 koma besar bangat yang dimenangi Topan. Berarti ada kemajuan berarti dalam develop. “Sebenarnya speksifikasinya sama dengan IRS. Hanya ada penejaman visi pada porting, noken-as, kompresi dan mapping engine,” sebut Leon Chandra tunner dari Racetech yang diangguki Robert Chong dari SYS Throttle Body.

Data R25 Rey saat race YSR

Dan paling krusial adalah manajemen bahan bakar dan pengapian lewat ECU-nya. Eh ECU ini menggunakan aRacer RC Super yang dimaksimalkan semua fiturnya. “Di trek lurus dengan gigi 6 bisa tembus 15.800 rpm. Untuk mencapai itu, tentu butuh kecermatan dari mekanis dan elektroniknya yang dipandu ECU aRacer,” tambah Leon sembari memperlihatkan data logger R25 Rey.

Dengan rpm segitu diklaim temperatur tetap stabil pada 81 derajat. Artinya banyak. Kecepatan yang bisa dicapai setiap lap konsisten. Juga rekayasa pada mesin dan elektronik berjalan dengan semestinya. Itu tanda mesin nggak dipaksa kencang atau istilah para mekanik dicekek. “Memang motor terasa ringan. Bobot saya yang jadi persoalan selama ini mudah dibawa motor,” timpal Rey yang ikut YSR menggunakan tim sendiri yang sponsornya aki WR.

Beda lagi dengan pandangan Chong. Katanya, motor Rey ini berhasil pada power to weight ratio. Tenaga motor yang naik pada R25 Rey bisa mengatasi bobot Rey yang 61 kg tersebut. “Kalau hitungan 40 dk ke atas seperti R25 spek IRS dan YSR, sebenarnya hanya menambah koma dk-nya saja di belakang angka itu. Itu sudah sesuai tenaga dan bobot yang diakomodir oleh aRacer,” tutup Chong yang ikut cerita Throttle Body SYS terpasang di motor Rey ikut membawa andil, hehe.

Ok deh ditantang tuh di IRS oleh pendatang baru Honda CBR250RR. Atau sebaliknya menantang, hehe. Becanda bro. Kan kalau di ARRC sudah beda spek diameter klep yang lebih besar CBR250RR. Ardel

BACA JUGA

Hasil Yamaha Sunday Race Sentul, Bogor, Jabar 22 – 23 April 2017


Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353