Jajal Yamaha M1, Toprak Sebut Banyak Spesialnya! Dibawa Kayak Motocross

Maniakmotor – Juara dunia Superbike asal Turki, sudah menjajal Yamaha M1 produksi Yamaha MotoGP di Sirkuit Aragon pada 22 Juni 2022 hari ini (WIB).

Toprak Razgatlioglu menghabiskan total 40 putaran di Sirkuit yang akan menjadi seri ke-17 MotoGP tahun ini.

Kendati demikian, karena sifat tes ini ‘tertutup’, maka Yamaha tidak membocorkan berapa catatan waktunya. Selain itu, model Yamaha M1 yang dipakai Toprak juga tidak diberitahu, entah tipe M1 terbaru, atau 2019 seperti punya Darryn Binder.

Namun yang pasti, Toprak mengaku senang dan mendapatkan banyak pelajaran serta perbedaan dari Yamaha M1 jika disetarakan dengan Yamaha R1 Superbikenya.

“Motor MotoGP Yamaha M1 terasa sangat berbeda dengan R1 saya (di WSBK). Lebih banyak tenaga, elektronik yang berbeda, girboks mulus dengan rasio halus. Semuanya benar-benar baru bagi saya,” kata Toprak Razgatlioglu dalam pernyataan tertulisnya.

“Karena itu, setiap lap saya mencoba beradaptasi dengan M1, sangat berbeda dengan R1 di sirkuit ini. Untungnya, saya punya Cal Crutchlow yang membantu saya untuk mengenal motor lebih dalam,” ujarnya lagi.

Selain itu, Toprak juga mengaku membawa Yamaha M1 dengan gahar di sirkuit yang banyak bumpy alias gelombangnya itu.

Mirip seperti Sirkuit Motocross, saat ada gundukan justru harus digas. Hal ini ia lakukan, padahal baru pertama kali ketemu dengan tenaga motor 300hp lebih itu.

“Saya tahu rumor dan pernah lihat juga di TV bahwa sirkuit ini memiliki sejumlah gelombang. Tadi sudah saya rasakan sendiri, dan untuk melewati bumpy itu, saya hanya perlu membuka gas sepenuhnya, membiarkan motor mengangkat ban depan sedikit,” kata Toprak.

“Overall, tes hari ini baik walaupun ada hujan di akhir sesi. Kalau tidak ada hujan, saya ingin lebih lama lagi mencoba motor ini. Tapi saya sangat menikmati mengendarai (motor) MotoGP. Jadi, terima kasih banyak kepada Yamaha sudah memberikan saya kesempatan,” tutup Toprak.

Raider
BACA JUGA

Wawan Wello Buktikan Pengaruh Bobot Badan pada Hasil Lomba! Jawara R15 Pro di YSR Seri 1 2022

Bima Aditya Ungkap Racikan Spesial Kompresi dan AFR, Antar Raih Podium 2 dan 3 di Kelas R15 Pro YSR Seri 1 2022!