nhk

Jawaban Tekniks Ban Rossi Lebih Rusak Dari Marquez Di Sepang 2018, Sama Pakai Soft

Foto Ban rossi dan Marquez di Sepang

ManiakMotor – Sudah pada lihat kan perbedaan ban belakang Marc Marquez dan Valentino Rossi di sirkuit Sepang, Malaysia. Ban belakang Rossi jauh lebih ‘kusut’ oleh ketimbang milik Marquez. Keduanya di Sepang itu memilih ban belakag sama-sama soft.

Pernah terjadi juga di GP Jerman yang malah saat itu Rossi pakai medium dan Marquez soft, saat finish ban Rossi yang lebih hancur, pernah diulas di sini. Logikanya dengan cara Marquez menggeber motornya, harusnya punya Marquez yang lebih mengkerut. Sedang Rossi dikenal pembalap yang halus mengangkat gas?

Tenang saudara-saudara. Jangan berisik! Jawaban untuk Sepang justru dari orang Yamaha sendiri, petingginya pula. Beliau sih bukan khusus bicara ban, tapi secara menyeluruh kinerja M1 2018, “Mesin M1 2018 terlalu kasar di putaran bawah,” papar Lin Jarvis, Direktur Yamaha MotoGP.

Perhatikan kata kasar putaran bawah mesin M1 dari Jarvis. Justru menurut Jarvis terjadi ketika awal membuka selongsong gas. Ada dua kerugiannya. Pembalap sering lebih out lepas dari tikungan. Ban juga terlalu tersiksa. Maka hasilnya seperti di foto itu. Secara tidak langsung juga, pembalap gampang bikin kesalahan membuat roda belakang spin seperti yang bikin Rossi terjatuh itu.

Parahnya tidak bisa ditutupi oleh kinerja elektronik. Pengakuan Jarvis dua pembalapnya lebih banyak mengandalkan manual ketimbang elektronik, terutama saat membuka gas di tikungan. “Itu artinya pembalap M1 sudah sangat berjuang mengatasi spin. Sangat sering pembalap kami keluar tikungan mengatur sendiri putaran mesinnya. Sementara kompetitor kami, membuka gas langsung karena rodanya berputar sesuai kontrol traksi  elektroniknya,” papar Jarvis yang mengklaim  semua ini akan hilang di M1 2019 seperti yang ia bicarakan di sini.

Juga yang ia bicarakan itu, penyebab langsung ban seperti di foto di atas. Miolo

BACA JUGA

Struktur Yamaha MotoGP Dipermak 2019, Insinyur Racing Wajah Baru, Fokus Akselerasi Awal M1