nhk

Jelang ARRC 2017: Nih Yang Bikin Kencang Yamaha R25 Thailand

Yamaha R25 juara ARRC 2016

ManiakMotor – Andalnya Yamaha R25 dari Yamaha Racing Thailand (YRT) di AP250 ARRC, karena gabuangan. Pembalapnya andal membawa mesin R25 yang terbatas modifikasinya. Joki-joki RRT yang di akhir klasemen berada di posisi 1 (Apiwat Wongthananon), 3 (Anupab Sarmoon) dan 4 (Perapoong) itu, enak menjaga mesin pada kinerja idealnya. Tentu saja di  tikungan yang jadi kuncian dari regulasi yang rata dengan kecepatan motor seimbang di kelas yang djual massal di dunia itu.

aRacer ECU RC2 Super
aRacer ECU RC2 Super

Dipertegas oleh Mr Midas Huang. Dia punya orang sebenarnya, manajer international aRacer. Produknya  memasukan ahli elektronik ke jajaran teknisi YRT. “Pembalap dan mesin menjadi satu kesatuan dengan ECU aRacer dalam hal ini elektronik. YRT menggunakan aRacer RC2 Super,” sebut Midas pada maniakmotor.com.

Dia mencontohkan riding style tiga pembalap YRT memiliki karakter sendiri-sendiri. Itu boleh ditajamkan ECU aRacer RC2 Super untuk mempertegas karakter pembalapnya. Maksudnya, gaya si pembalap semakin terbentuk karena dibantu pemetaan aRacer. Semua bisa disesuaikan dengan gaya mereka.

Dan itu mudah karena pada fitur aRacer RC2 Super memiliki data lengkap informasi cara-cara pembalap membawa motor setiap lap. Dia boleh terekam pada fitur aRcer yang disebut race function module (gps/6gyro).  “Pembalapnya bisa mengoreksi cara bawanya atau komponen pada motor yang diatur ulang, lantaran terbaca dari speedtuning yang ada pada aRacer RC2 Super,” tambah Midas.

Seperti diketahui modifikasi pada lubang masuk dan buang pada mesin R25 untuk aturan AP250, itu sudah meningkatkan banyak dk. Tapi itu belum lengkap bila tak dimanajemen mapping aRacer RC2 Super.  Datanya lewat iView alias data logger aRacer yang boleh menyesuaikan fiturnya macam modul AFR, logger, quick shifter dan sebagainya deh.

Itu diklaim menjaga dan lebih cepat 0.5 detik setiap sektor sirkuit. Pendeknya bisa membuat pembalapnya konsisten. “Karena tenaga bisa teratur dengan pemetaan kontrol elektronik dari mesin,” timpa Freddy Gautama, nah dia dari Ultra Speed Racing yang jadi distributor aRacer di Indonesia. MM

BAGIKAN