nhk

Jelang ARRC 2018 India: YRI Optimis Ulang Podium Juara Seperti 2017 Di AP250, UB150 Target Rebut Klasemen

M Faerozi, Tim YRI Rider ARRC 2018 AP250

ManiakMotor – Seri ke-4 gelaran Asia Road Racing Championship 2018 (ARRC 2018) akan berlangsung di Sirkuit Madras, Chennai, India (3-5 Agustus). Tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) ambil bagian di Asia Production 250 (AP250) dan Underbone 150 (UB150). Dua kelas yang gengsinya tinggi.

Richard Taroreh

YRI optimis boleh meraih prestasi terbaik. Tahun lalu (ARRC 2017) di AP250, Galang Hendra yang tahun 2018 ini ikut WorldSSP300, bikin gebrakan di sana. Galang pada race awal (1) finish ke-3 dan race ke-2 ke-1. Galang juga meraih pole position atau posisi grid terdepan dengan best-time 1 menit 49,358 detik.

Modal ini yang menjadi motivasi bagi YRI yang diperkuat Richard Taroreh dan M Faerozi. Walau sebagai rookie atau pendatang baru yang tampil perdana di trek Madras, paling tidak duet ini sudah ikut tiga seri sebelumnya. Duet YRI ini wajib segera beradaptasi dari semua aspek. Yakni, set-up mesin, suspensi dan mapping pengapian yang bisa dikombinasikan data tahun lalu.

Rafid Topan

Kesempatan buat M Faerozi yang masih berusia 16 tahun dan Richard Taroreh memperlihatkan talenta mereka. Sekalian perbaiki klasemen sementara AP250 yang ke-13 dan ke-14. “Persiapannya matang, terus berlatih untuk meningkatkan skill dan juga fisik. Sebelumnya saya sempat mengalami insiden di saat latihan bebas jelang Yamaha Sunday Race seri 3. Saya mengalami patah tulang pada bagian pundak kanan, Alhamdulillah kondisi sudah lebih baik,” ucap M Faerozi.

Taroreh juga begitu. Dia sudah mempersiapkan mulai dari fisik dan mental. Juga bersama tim sudah melakukan beberapa kali latihan. “Saya termotivasi dari hasil tim YRI tahun lalu, berharap bisa meraih hasil yang lebih baik dari seri sebelumnya,” ajar Taroreh.

ARRC 2018 India juga akan menjadi momen comeback-nya racer tim satelit Yamaha Yamalube KYT TJM WR Super Battery, Rafid Topan. Topan tidak bertarung di ARRC 2018 Suzuka (1-3 Juni) karena mengalami cedera saat sesi latihan bebas (Free Practice). Topan yang ada di deretan ke-8 (klasemen sementara AP250) akan berupaya optimal mengejar ketertinggalan poin karena absen dalam 1 putaran. Termasuk motivasi kuat rekan se-timnya yang berasal dari Palu, Anggi Setiawan yang sekarang ini ada di peringkat ke-11 dalam klasemen sementara AP250.

Pada bagian lain, pembalap Yamaha Racing Indonesia yang turun di kategori Underbone 150 cc (UB150), Wahyu Aji akan berupaya memperbaiki klasemen sementara UB150. Saat ini, Wahyu Aji yang berasal dari Ajibarang, Banyumas berada di deretan ke-3 klasemen sementara UB150 selisih 22 poin dengan pemimpin klasemen.

Wahyu Aji

Target utama pembesut Yamaha MX King 150 ini ialah dapat berada di urutan teratas yang diisi racer Malaysia, Md Helmi Azman dan Md. Izzat Zaidi. Ada 50 poin yang diperebutkan dalam dua race UB150, potensial untuk berada di posisi teratas klasemen sementara. Pundi nilai menjadi penting diamankan karena putaran ke-5 ARRC 2018 akan dilaksanakan di Sirkuit Sentul, Bogor pada tanggal 12-14 Oktober nanti. “Saya dan tim sudah beberapa kali latihan dan riset untuk balap di seri ini, juga banyak belajar dari pengalaman tahun lalu. Saya optimis akan meraih hasil yg lebih baik dan maksimal disbanding tahun lalu,” tegas Wahyu Aji Trilaksana.

Tentu saja, duet tim satelit Yamaha Yamalube SND Racing, yaitu Gupita Kresna dan Syahrul Amin juga berusaha merenggut poin sebanyak mungkin. Terlebih, mereka berdua ada di urutan ke-5 dan ke-6 dalam klasemen sementara UB150. Gupita terbukti sukses merebut podium juara UB150 saat seri ke-3 di Suzuka, Jepang lalu (1-3 Juni).

Lintasan Madras, India memiliki panjang 3,717 km dengan menu 12 tikungan. Di samping ada 3 trek lurus yang masing-masing sekitar 250 meter. Mari kita dukung terus tim Yamaha Racing Indonesia  di kancah balap internasional untuk mewujudkan Merah Putih Semakin di Depan. Rilis Yamaha

BAGIKAN