nhk

Jelang ARRC Thailand 2019: Proliner 549 Kaboci Pakai Cakram Carbon Steel RCB Tipe Baru

Diuji di Sebtul Besar akhir Mei 2019

ManiakMotor – Total konsentrasi pada ARRC. Begitu yang terlihat dari pasukan Proliner 549 Kaboci Racing Team. Terus mengembangkan mesin dengan riset. Juga suku cadang yang mendung performa pacuan mereka. Tim ini menggunakan MX-King di UB150 ARRC.

Pendananya Proliner adalah produk knalpot. Pipa pelepas gas buang ini dibawah usaha PT Enwan Multi Partindo. PT Enwan ini juga distributor RCB dan UMA Racing di Indonesia. “Makanya tiga produk itu yang kami gunakan pada motor tim Proliner 549 Kaboci,” sebut Rio Tan dari divisi teknik PT Enwan di Cikupa, Tangerang, Banten.

Cakram dari carbon steel

Baru lalu tim ini menguji mesin sekalian penggunaan suku cadang tadi. Soal mesin dan knalpot telah diulas di sini dan juga di sini. Kali ini cakram RCB yang disebut edisi ARRC. Tentu saja piringan rem buat MX-King yang berbahan racing.

“Sebenarnya ini cakram RCB tipe S yang telah dikembangkan. Bahannya dari carbon steel. Mampu menahan dan membuang panas dengan baik. Saat panas pun merata pada permukaan materialnya. Jadi momentum pengereman nggak akan berubah ritmenya sepanjang balapan. Begitu yang kami coba langsung,” timpal Achos de Lalang, kepala mekanik Proliner 549 Kaboci yang sudah mencobanya di Sentul Besar bersama pembalapnya Richard Taroreh.

Ada dua pilihan diameternya. Tapi yang digunakan di ARRC adalah 300 mm untuk depan. Ketebalan bahannya adalah 4 mm. Dengan spesifikasi seperti kembang mampu menghentikan sekelar UB150 di sirkuit besar bro.

Piringan ini akan mulai digunakan di ARRC Thailand pada akhir Mei dan awan Juni 2019. Wah sudah dekat pada mu mudik tuh. M11

 

BAGIKAN