nhk

Jelang FDR IRC NHK SSS MotorPrix 2017 Banten (Seri 3): Awas !!MX King-Z1 Kabochi 549, Pengancam Dominasi!

Richard T, Motoprix, Banten
Richard in action, dituntut pembuktian

ManiakMotor – Sukses di seri 2, Richard Taroreh harus membuktikan keperkasaannya bukan diraih secara kebetulan pada seri 3 FDR IRC NHK SSS Motoprix (Jawa), pekan ini (13-14/5). Kenapa ada tuntutan pembuktian? Karena, bila di seri 2 di Subang berlangsung di trek permanen, kali ini berlaga di sirkuit dadakan di KP3B Serang, Banten.

Ketika tarung di seri 2, Richard  yang membela Yamaha Yamalube Jasti Putra NHK FDR 549 Kaboci mampu naik podium pertama di MP2 (125 cc)  dan kedua di MP1 (150 cc).  Rider asal Manado, Sulut itu mengaku menemukan performa terbaiknya kembali  di skuad milik Subhan AL Ghazali itu.

Tak bisa dipungkiri, ini berkat peran Achos Lalang, chief mechanic yang kawal MX King dan Z1 pacuan Richard. Achos yang asli Makassar itu jadi pengancam tim-tim yang kerap mendominasi ditahun sebelumnya. “Ini adalah tahun pertama mereka bersama pabrikan Yamaha. Tapi dari awal, tim ini memang punya potensi dari rider, mekanik dan managemen tim,”ujar Kadek Suma dari Motorsport Yamaha Indonesia.

Sama seperti Richard, kepiawaian Achos kembali diuji di trek dadakan. Bicara trek dadakan alias pasar senggol maka final setting lah penentunya. ”Basicnya tak akan banyak berubah, tinggal penyesuaian dengan layout sirkuit. Hasil latihan bebas bisa jadi patokan sebelum kualifikasi.  Ini jadi tantangan karena belum punya data setting untuk sirkuit ini. Input dari rider juga menentukan,”ujar Achos yang kembali andalkan ban FDR dan rantai SSS itu.

Diakui oleh Suma, Achos tipikal mekanik yang cepat beradaptasi dan mau belajar. “Hal itu penting di era teknologi injeksi. Makanya, progressnya terhitung cepat berdasrkan hasil dua seri ini,”nilainya. Hasilnya? Ardel

BAGIKAN