nhk

Jelang FDR IRS 2017 Ronde 6: Gila Itu Knalpot Proliner, Bisa Naikan 3.5 HP R25

222 Rey IRS 2017 Proliner
R25 Rey Ratukore menggunakan Proliner

ManiakMotor –  Pakai knalpot Proliner R25 naik banyak hp. Itu di IRS alias IndoSpeed Race Series di Sentul, bro. Kalau ada R25 yang kencang, pasti pakai Proliner. Lihat saja, R25 milik Rey Ratukore yang dominan di anrtara R25. Memang sih tunner-nya Leon Chandra yang piawai menghitung rumus mesin, termasuk rumus knalpot hehe.

Alasan Leon memilih knalpot di Cikupa, Banten tersebut, karena teknologi untuk membuat knalpot yang diinginkannya tersedia. Maklumlah, pabrik yang pengerjaan knalpotnya sebagian besar sudah menggunakan robot. Presisi rumus yang diorder mekanik.

Rey Proliner 2017
Rey Ratukore. Nih knalpotnya

“Setiap mekanik di IRS punya hitungan masing-masing sesuai mesin krakter mereka. Yang jelas, knalpot ini bisa menaikan sampai 3.5 dk, itu kalau pas hitungannya. Rata-rata sih 2 dk,” sebut Rio Tan yang jadi bagian teknik PT Enwan Multi Partindo yang menangani knalpot Proliner.

Rio tidak menampik, untuk saat ini rumus dari Leon yang katanya tertinggi dari segi dk. Tapi rumus ini harus dipegang agar nggak bocor ke mekanik lain. Tapi boleh bocor pada knalpot untuk dijual umum. Kan ujung-ujungnya balap untuk riset yang dijual massal.

Ada cerita menarik dari Yamaha Kaboci. Suatu ketika R25 Richard Tarore yang tepatnya di ronde 4 sangat kencang. Ternyata menggunakan knalpot Proliner versi khusus. Tapi di ronde 5, diberi knalpot yang berbeda, kecepatannya langsung drop. “Tapi untuk ronde 6 atau terakhir ini, mereka sudah meriset sendiri. Lumayan kenaikan dk-nya,” tambah Rio yang berbicara dari hasil dyno milik PT Enwan terhadap R25 Kaboci.

Tunggu saja aksi knalpot ini pada minggu ini 9 – 10 Desember 2017 di Sentul Besar dalam rangka ronde 6 atau terakhi minggu ini. MM

BAGIKAN