nhk

Jelang Final IndoPrix 2012, Sirkuit Balipat Untuk Semua Merek Bebek

 

ManiakMotor – Sirkuit terpanjang semi permanen, ya, hanya sirkuit Balipat di Indonesia. Ukuran umumnya, sport 250 cc 4-tak bisa dimainkan di situ. Bahkan, supersports 600 cc pernah jadi wacana akan dihelat di sirkuit terletak di Kecamatan Binuang, Kab. Tapin, Kalimantan Selatan itu.

Karena cerita IndoPrix (IP), ya cerita supremasi balap bebek Indonesia. Seri pamungkas atau final IP 2012 berlangsung di Balipat, 10 – 11 November 2012 ini. “Sirkuit Balipat memang dibikin untuk menampung teknologi underbone. Top speed dan torsi motor bisa diuji di sini. Semua merek bebek yang ada di Indonesia, pas di Balipat,” papar Bambang Gunardi dari IndoSpeed, penyelenggara IP dan juga peracik awal Balipat.

Panjang Balipat  1.850 meter dan punya hambatan 12 tikungan yang 7 ke kanan dan 5 ke kiri. Di  tikungan cepat (high speed corner) lebar treknya mencapai 18 meter. Di trek lurus yang panjangnya 300 meter, punya lebar 8 meter. Tipikalnya turun-naik, karena di sisi bukit Balipat. Di atas sirkuit membentang  emas  hitam alias batubara yang lagi digarap para penambang. Luar biasa…

Dengan spkesifikasi itu teknologi korekan underbone IP tadi memang pas. Di desain tidak hanya menguntungkan satu merek, tetapi buat semua produk bebek. Yamaha misalnya, dapat keuntungan di R3-R5, R8-R9 ditambah dengan banyak menanjak. Honda dan Suzuki diuntungkan pada R yang tidak disebut untuk Yamaha tadi. Pendeknya, imbang. Berarti balapan yang menarik.

Sama juga dengan Kawasaki, malah khusus Kawasaki pernah membuktikan bisa unggul dari Yamaha di sirkuit ini.  Mereka pernah juara dengan Hadi Wijaya dua tahun lalu di situ. “Setahu saya, tidak ada speksifikasi motor yang diutungkan di sini (Balipat),” kata H A Yudhistira, pembalap tuan rumah yang sudah tiga merek pernah dibelanya, Yamaha Honda dan sekarang Kawasaki.

Mantaplah. Adit

BERITA TERKAIT

IndoPrix, Klasemen Sementara Sampai Seri 4

Jelang IndoPrix Binuang, Tanpa Rafid Topan

IndoPrix Kenjeran, Tenaga Disalurkan IRC, Rekor Pecah, Waw..!

IndoPrix Kenjeran, Buntut Permainan Race-1 IP1 (125 cc), Denny Triyugo Kena Sanksi

Tim Dan Pembalap IndoPrix 2012, Lengkap..!

 

 

BAGIKAN