nhk

Jelang FP1 Losail 2019: Rossi Klaim M1 Kuat Pakai Ban Baru, 8 Pembalap Berebut Podium, Hasil Tes Beda

ManiakMotor – Bagi Valentino Rossi hasil tes di Qatar sulit diambil sampelnya. Alasannya, pada saat tes semua pembalap bebas gonta-ganti ban. Beda dengan balapan, harus memilih satu pasang kompon untuk dipakai 22 lap di Losail, Qatar ketika race berlangsung 10 Maret 2019.

Di uji coba selain bebas gonta-ganti ban, set-up juga bisa diubah-ubah setiap keluar pit, “Sehari pembalap bisa memilih cara yang berbeda-beda. Mungkin di situ ada gagasan untuk lomba. Tapi setahu saya, butuh lima atau enam balapan untuk memiliki set-up yang konstan. Karena memilih salah satu set-up saat pengetesan, akan memiliki dampak yang lain. Di situ beda tes dan balapan,” papar Rossi jelang ronde pertama.

Rossi mengklaim M1 2019 sudah sangat membaik dan punya arah dikembangkan penyetelannya. Ini jauh berbeda dengan M1 dua tahun sebelumnya yang sangat sulit dipatok arah pengembangannya dan basis set-upnya. Belum lagi yang dulu itu, pakai ban baru dan bekas, sulit membedakannya.

“Dari beberapa area, M1 2019 kami membaik. Dengan catatan perlu penelusuran yang lebih dalam lagi. Tapi kalau pakai ban baru, M1 sudah oke, sangat! Itu bisa dilihat saat tes cari time, banyak pembalap Yamaha masuk 10 besar. Itu menggunakan ban baru semua,” tambah Rossi yang akan mengarungi tahun ke-24 di GP dan ke-20 di kelas utama yang sekarang disebut MotoGP. Itu sama dengan Rossi dfoto bersama pembalap reguler di kelas utama setiap awal seri sudah 20 kali. Total di semua kelas 24 kali.

Sekali lagi yang disebut Rossi pakai ban baru sangat oke, tapi ban baru tidak selamanya baru saat lomba. Paling hanya 6 lap masih disebut baru, selanjutnya sudah bekas. Di situlah Rossi masih akan menelusuri kelanjutannya. Kalau soal akselerasi sudah mantap. Termasuk engine brake membantu masuk tikungan.

Intinya balapan ronde pertama ini akan berbeda dengan tes. Selain mental pertama kali membalap, cara memilih setelan motor yang dibawa ke lomba. Termasuk memilih ban, “Saya pikir ada 7-8 pembalap yang berebut podium. Saya ingin berada di rombongan itu. Dan itu harus,” pungkas Rossi yang tahun lalu di Sepang hanya ke-3.

Jangan lupa jadwal latihan sampai race di Losail rada berubah. Mulainya lebih duluan dua jam dibanding tahun-tahun sebelumnya. Untuk FP1 MotoGP sudah dimulai pukul 19.40 waktu Jakarta pada Jumat 8 Maret 2019. Sebelum jam ini sudah ada FP1 Moto3 dan Moto2.  Miolo

BACA JUGA

Jelang MotoGP Qatar 2019: Wajib Menjagokan Vinales Di Losail

Jelang MotoGP Losail Qatar 2019: 10 Pembalap Pavoritkan Marquez Juara Dunia, Rossi Hanya Ditunjuk Dua Rookie

Jelang MotoGP Losail 2019: Untung Rossi Belum Juara Ke-10 Kali, Kalau Tidak Sudah Pensiun?

Jelang MotoGP Losail 2019: Rossi Buka Satu Rumus Kunci Juara

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353