nhk

Jelang FP1 MotoGP Qatar 2017: Nih Taktik Rossi Masuk Di Persaingan Vinales-Marquez

Rossi, Taktik, Qatar

ManiakMotor – Seperti dikatakan sebelumnya bahwa Valentino Rossi sudah tidak sabar ingin mengalahkan lawan-lawannya dan siap tempur saat balapan di Qatar (26/3). “Target saya tahun ini mencoba untuk memperjuangkan podium setiap akhir pekan,” tegas Rossi yang punya The Doctor.

Dia akui perjuangan itu sangat sulit. Makanya dia sudah punya strategi untuk masuk ke dalam persaingan. Terutama antara Maverick Vinales dan Marc Marquez, bila memang terjadi seri pembuka. Kan Vinales dan Marquez disebut-sebut, dua anak muda yang akan kembali bikin gigit jari Rossi mengejar ambisinya.

The Doctor mengakui, persaingan di kelas premier musim ini, tekanannya lebih tinggi dibandingkan dua tahun lalu saat dirinya memenangkan lomba. Penyebabnya, adanya perubahan kekuatan dari pindahnya beberapa pembalap. Bila tahun lalu ada sembilan pembalap bisa memenangkan balapan, tahun ini, katanya paling banyak delapan, malah hanya tujuh pembalap.

Faktor lain, dilarangnya pemakaian sayap (winglet), berarti ada perubahan pada motor dan butuh penyesuaian. Makanya, saat latihan nanti malam, ia coba fokus cari setelan yang pas. Terpenting lagi, ia harus menemukan perasaan yang tepat pada set-up motor. Agar sendirinya settingan menjurus pada kecepatan untuk bisa bertarung.

Pace ini tak lain untuk memenuhi taktik. Saat start, Vale mematok harus mampu membangun dirinya berada dalam kelompok lima besar dulu. Bila ini tercapai, katanya baru dapat menantang Vinales seandainya ia dan Marquez, dua pembalap yang punya tipe sama.

Karena, menurut Rossi, Vinales bisa cepat dengan M1 selama tes pra-musim, andalannya pada pengereman dan selongsong gas. Pembalap Spanyol itu mengerem lebih dalam dan buka gas lebih awal. “Bagi saya pribadi, itu masalah,” pungkas Rossi.

Tentu saja strategi Rossi adalah mendekati. Itu cara  Rossi agar terbawa irama musuh. Taktik alami andalan Rossi selama ini. Rezki

BAGIKAN