nhk

Jelang FP1/2 MotoGP Amerika 2017: Marquez Yakin Podium, Tapi Tak Berani Sebut Pertama, Kenapa?

Marquez, Motogp, Austin, Amereika

ManiakMotor – Target podium akhir pekan ini (23/4) di Austin merupakan kickstart bagi Marc Marquez sebagai awal kebangkitan untuk mempertahankan gelar juara dunianya. Setelah di dua seri awal hanya mendulang 13 angka yang diraih di Qatar. Hanya, di ronde 3 di COTA ini ia tidak berani bilang dirinya yang bakal menang, meski sudah tidak terbantahkan ia berdiri di podium pertama selama 4 tahun berturut-turut.

Padahal, diakuinya, performa Honda RC213V secara keseluruhan bagus. Trus, dari tes sampai balapan di Argentina telah banyak perubahan. Tapi, keyakinan yang tinggi belum tentu diakhiri dengan hasil yang baik.

“Di Argentina, saya merasa sangat hebat dan yakin mampu memenangi balapan. Kenyataannya, saya lihat kita (dirinya dan Honda) belum siap,” tegas MM. Menurutnya, mesin baru Honda yang galak belum bisa sejalan sama kontrol elektronik, Trus, pembalap harus membuat waktu yang hilang saat di bawah pengerreman.

Kejadian di Argentina itu, “Honda ‘belum siap’ dibalapin dengan gaya alami dan agresif. Seperti ketika menggondol juara dunia 2013 dan 2014,” jelas MM. Di Argentina ia membuktikan gaya balap agresifnya yang tiga lap awal sudah meninggalkan lawan cukup jauh.

Di luar dugaan, lap 4 ia terjatuh di tikungan kedua. Ditempat itu pula rekannya Dani Pedrosa juga tergelincir tapi setelah sekian lap. Nah, insiden itu dibilang MM dirinya coba mengambil risiko dengan tampil agresif. Tapi, “Ketika kita tidak punya kendali, terutama titik pengereman, itulah yang menyebabkan jatuh. Ini tidak hanya di Argentina, juga dialami saat tes,” kenang MM.

Perasaan boleh kuat dan yakin, namun, katanya kita belum siap 100 persen untuk mengambil risiko. “Saya butuh mentalitas (konservatif) seperti di 2016. Semoga, balapan pekan ini lancar,” tutup MM. Rezki

BAGIKAN