nhk

Jelang FP1/FP2 MotoGP Catalunya 2017: Lorenzo Lebih Yakin Dari Mugello Di Barcelona

Lorenzo, Motogp, Mugello

ManiakMotor – Ucapan dan prediksi Jorge Lorenzo tidak bisa dipandang remeh. Ketika di Mugello, jelang lomba ia bilang kalo Yamaha dan Honda tidak lebih unggul dari Ducati. Ternyata, pabrikan Italia itu menorehkan sejarak di kandang sendiri dengan finish 1-3. Meski, pemenangnya bukan diirinya dan tertolong oleh ban depan baru Michelin.

Kini, di Barcelona yang jadi ronde ketujuh, pekan ini (11/6). Lagi-lagi Jl berkicau bahwa dirinya akan lebih kompetitif di trek Montmelo ketimbang di Italia. Keyakinan itu berdasarkan hasil terakhir di Circuit de Catalunya sebagai yang tercepat, beberapa waktu lalu.

Jangan-jangan, sinyal ini untuk Ducati secara keseluruhan. Tinggal lihat dari hasil latihan resmi esok. Yang jelas, ban baru kemarin sangat tidak cocok untuk trek di Montmelo berjarak 4,7 km dengan 9 tikungan ke kanan dan 7 kiri).

Karena, permukaan lintasan sangat licin dan bergelombang. Tentu butuh peredaman dan daya cengkeram  yang baik dari karet hitam. Trek Barcelona punya daya cengkeram rendah, sangat berisiko jika memakai senyawa keras (H) pada roda depan. Kemungkinan, banyak yang diandalkan senyawa lembut (S) atau M.

Nah, Lorenzo yang tercepat dalam tes di sini memberinya perasaan yang baik. Ditambah, rekor kemenangan cukup bagus dengan 4 kali podium pertama pada 2010, 2012, 2013, dan 2015. “Terpenting saat latihan nanti, kita harus mengerti bagaimana motor beradaptasi sama trek yang dimodifikasi,” tegas Lorenzo. Rezki

BAGIKAN