nhk

Jelang FP1/FP2 MotoGP Catalunya 2017: Rossi Tolak Thailand Masuk MotoGP, Marques – Vinales Sebaliknya

ManiakMotor – Usai acara konferensi pers, kemarin (8/6) ada pembicaraan menarik antara Valentino Rossi, Vinales, dan Marc Marquez. Mereka membahas soal trek, tapi bukan yang di Montmelo (Catalunya) yang bakal jadi putaran ketujuh, pekan ini (11/6). Melainkan, sirkuit Buriram, Thailand yang infonya tahun depan masuk dalam kalender.

Dorna selaku pelaksana balapan motogp (termasuk moto2 dan moto3), berencana menambah jadwal balapan dari 18 menjadi 19. Tambahan satu, kemungkinan buat Thailand, meski Indonesia juga sudah minat jadi tuan rumah di sirkuit Jakabaring, Palembang, Sumsel.

Bedanya, sirkuit Buriram berjarak 4.3 km sudah siap dan telah menjadi tuan rumah kejuaraan dunia superbike sejak 2015. Sedang di Jakabaring, pembangunannya belum dikebut. Target, pelaksanaan setelah Asian Games 2018.

Rossi sangat tidak setuju Thailand masuk kalender motogp 2018. The Doctor bilang, bukan tempat yang baik untuk pergi ke sana. Ditambah lagi, dirinya malas untuk pergi ke negara Asia Tenggara lainnya tahun depan. Sudah begitu, lokasi Buriram dari Bangkok berjarak sekitar 250 mil (400 km) dan ditempuh lewat darat lima jam. Dua tahun lalu, ia pernah ke Buriram untuk urusan Yamaha.

“Saya pikir, 18 merupakan angka yang bagus. Aku pernah ke Thailand, treknya tidak menarik dan sangat membosankan, tidak banyak tikungan, hanya lurus panjang, dan jauh dari segela sesuatu,” urai Rossi.

Tidak demikian dengan Marquez. Soal perluasan seri, pembalap Honda itu menilai hingga 20 batas yang pas. Soal Thailand trek baru, “Saya suka trek baru. Selalu, setiap pergi ke trek baru saya merasa baik,” tegasnya.

Vinales menilai, penambahan jadwal akan bikin sulit pembalap. Terutama, mempertahankan kondisi fisik selama musim. Sekalipun fisik Anda baik, katanya, saat memasuki balapan keenam, tujuh atau lebih mulai menurun. “Ya, tapi baik juga buat pertunjukan. Thailand, tempat cukup bagus untuk pergi ke sana, saya tahu itu,” tutup Vinales. Rezki

BAGIKAN