nhk

Jelang FP1/FP2 MotoGP Prancis 2017: Pedrosa Dan Marquez Yang Paling Senyum

26 Pedrosa vs 93 Jerez 2017

 

ManiakMotor  – Itu biasa. Dani Pedrosa dan Marc Marquez yang paling bersemangat dengan senyum manis datang ke Le Mans, Prancis. Dua pembalap Repsol Honda Team tersebut, memang mendulang hasil besar di Jerez lalu. Keduanya podium 1 dan 2. Momentum tersebut akan di bawa ke GP Prancis.

Kebetulan juga, duet maut ‘Satu Hati’ itu diundang dalam jumpa pers wajib di Prancis pada Kamis 18 Mei 2017. Acara itu untuk woro-woro ronde 5 MotoGP 2017 pada 21 Mei yang latihannya sudah berlangsung Jumat (19/5) ini. “Jerez kejutan besar buat Honda. Sedang Le Mans punya aspal baru yang tentu berbeda dari sebelumnya. Tapi kami juga punya motor yang berbeda tahun ini,” kata Marquez dalam jumpa pers tersebut yang maksudnya menggunakan RC213V Big Bang.

Mirip-mirip dengan omongan Pedrosa yang memuji tunggangannya. Pantas dipuji memang, karena juara di Jerez. “Dua ronde lalu, ada perbaikan signifikan pada motor. Hasinyal ya di Jerez itu. Tentu saja, berharap hasil yang sama akan berlangsung di Le Mans. Walau sirkuit ini kudu diperiksa dulu soal pergantian aspalnya,” timpal Pedrosa yang saat ini di klasemen barada di posisi ke-4 yang hanya beda 10 angka dari pemimpin.

Kedua Honda akan diuji ulang dalam stabilitas pengereman dan kuatnya akselerasi RC213V Big Bang. Mungkin – hanya mungkin – buat Marquez dalam pengereman, dia ahlinya. Marquez gesit dalam hal itu, seperti tuntutan sirkuit Le Mans yang bertipe stop and go. Tapi buat Pedrosa, lihat saja nanti, karena balapnya belum berlangsung.

Kalau akselerasi? Nah ini dia yang tadi dibilang akan diuji ulang, karena soal ini belum jelas teruji. Seperti biasa, soal cabut-cabut motor ini akan ditutupi cara Marquuez yang punya hobi gelantungan. Maksudnya, dia bisa pertahankan putaran mesin dan segera membuka throttle sehingga tetap melaju. Mudah-mudahan begitu. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN