nhk

Jelang FP1/FP2 MotoGP Sachsenring 2017: Berat Nih Omongan Viñales

25 Vinales mugello 2017

 

ManiakMotor – Macam mana, Maverick Vinales, satu-satunya pembalap yang banyak menang dalam 8 ronde lalu. Kenyataannya dia, kalah di klasemen dengan Andrea Dovizioso yang baru dua kali menang. Juga dicungkel-cungkel pembalap lain yang baru sekali-sekali menang macam Valentino Rossi dan Marc Marquez. Hitung saja, posisi empat klasemen hanya beda 11 point dari yang memimpin. Ah kasihan kalau hitung sendiri, Vinales hanya beda 4 point dari Andrea Dovizioso yang memimpin.

Karenanya, omongan Vinales masuk Sachsenring berat. Dia seperti bersumpah pada dirinya harus merebut kembali pimpinan klasemen, karena itu menjadi haknya, hehe.  “Ke Sachsenring tetap dengan pola pikir positif. Sekarang hanya ingin memandang ke depan. Targetnya untuk menang dan mengembalikan point untuk memimpin,” tegas Vinales yang dari kalimatnya memang berat kan.

Asal aspal baru Sachsenring punya grip dan cuaca normal, boleh jadi Vinales yang sepadan dengan Marquez di Jerman. Sama-sama muda, punya gaya yang imbang di sirkuit agresif. Punya pertahanan fisik bermain di sirkuit yang memang menguras fisik. Sirkuit yang sebantar ngerem, sebentar ngegas. Diukur dari motor pun untuk edisi 2017 ini, M1 tak kalah dalam akselerasi.

Bedanya mungkin mental. Sebab mental ini yang mementalkan Vinales sebelumnya memimpin sekarang hanya kedua di klasemen. Mental yang tertekan karena pundaknya dibebani yang mungkin dari Yamaha sendiri, dirinya dan fans. Padahal, Vinales ini belum punya pengalaman juara dunia, tapi sudah dianggap seperti itu bagi yang disekitarnya. Beda dengan Marquez misalnya, awal di Honda memang tidak diharapkan langsung jadi juara dunia, tapi hasilnya malah juara.

Balapan MotoGP yang modelnya serial, mental itu pertaruhannya. Kan nggak setiap seri bermain dalam top performa, bro.  Aku juuuuuga manusia. “Intinya saya belajar pada kesalahan. Jangan sampai mengulanginya pada seri selanjutnya, termasuk di Sachsenring,” pungkas Vinales pada balapan yang sejak Jumat 30 Juni sudah memulai latihan bebasnya. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN